Jakarta (ANTARA) - Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) berkolaborasi dengan platform konten audio lokal Noice dalam rangka membuka peluang bagi radio di bawah naungan PRSSNI untuk bisa menjangkau pendengar lebih luas secara streaming.

"Kolaborasi dengan Noice merupakan peluang besar untuk meningkatkan daya saing industri radio di era digital saat ini," ujar Sekretaris Umum PRSSNI M Rafiq di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Raffi Ahmad masuk dunia siniar bawakan "Raffi Everywhere" lewat Noice

Melalui kolaborasi tersebut, lebih dari 500 radio swasta di seluruh Indonesia yang berada di bawah naungan PRSSNI bisa diakses oleh masyarakat luas secara streaming melalui Noice.

Dengan kapasitas besar Noice yang telah memiliki hampir 3 juta pendengar yang terus bertumbuh secara positif, Rafiq optimis radio-radio lokal tersebut dapat semakin meningkatkan eksistensi mereka di kalangan pendengar.

"Kolaborasi ini bisa memberikan kemudahan bagi pendengar untuk dapat mengakses radio melalui gawai secara fleksibel kapan pun dan di mana pun," kata dia.

Sementara itu, Chief Business Officer (CBO) Noice Niken Sasmaya mengatakan kolaborasi dengan PRSSNI akan semakin memperkuat posisi Noice sebagai platform audio dengan konten radio terlengkap di Indonesia.

Baca juga: Noice gandeng MoEngage untuk dorong pendekatan berbasis wawasan

"Kini, dengan kolaborasi dengan PRSSNI, semakin banyak saluran radio dari berbagai daerah yang bisa diakses oleh para pendengar Noice di seluruh Indonesia," ujar dia.

Niken menambahkan bahwa hadirnya ratusan radio swasta di Noice merupakan langkah awal perusahaan dalam kontribusi mendorong digitalisasi radio di Tanah Air.

Dengan kolaborasi ini, kata dia, radio-radio di berbagai daerah akan lebih mudah menjangkau pendengar yang lebih luas.

"Noice juga akan membantu memberikan insight data performa radio yang dapat digunakan sebagai bahan analisa dan evaluasi dari tiap radio dalam mengembangkan konten yang lebih berkualitas, relevan dan disukai pendengar.” kata Niken.

Radio-radio yang berada di bawah naungan PRSSNI akan secara bertahap difasilitasi untuk hadir di aplikasi Noice dan dapat dinikmati secara streaming.

Noice juga akan memberikan dukungan kepada radio-radio anggota PRSSNI untuk bisa mulai melakukan transformasi bisnisnya ke ranah digital.

"Kami berharap kolaborasi ini akan mendorong industri konten audio Indonesia semakin maju dan tetap disukai masyarakat, tak lekang oleh waktu,” ucap Niken.


Baca juga: "Berani Bareng Noice" ajak kreator konten audio leluasa berkarya

Baca juga: Noice hadirkan kelas podcast untuk kreator lokal dalami konten audio

Baca juga: Noice gandeng Deddy Corbuzier dalam siniar Deddy Issues

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022