Depok (ANTARA) - Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian menyerahkan bantuan 1.000 paket sembako kepada warga Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa, dalam rangka menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022.

"Kegiatan ini sengaja kami pilih dengan berbagai pertimbangan, antara lain bahwa kita semua masih dihadapkan pada situasi pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum mereda, sehingga mengakibatkan dampak ekonomi dan melemahnya daya beli masyarakat," kata Tri Tito di Depok, Selasa.

Tri Tito Karnavian mengatakan selain karena pandemi COVID-19, bantuan sembako juga dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022, yang perlu kita ambil hikmah semangatnya, yakni saling membantu dan berbagi, khususnya berbagi dalam pemenuhan gizi bagi ibu hamil, ibu dengan balita, lansia, serta penyandang disabilitas.

Baca juga: TP PKK Pusat beri pembekalan Kader Pro Sehat Kendali COVID-19 

"Kegiatan ini merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya nyata pengelolaan 10 Program Pokok PKK," ujarnya.

Dalam konteks yang lebih luas, kata dia, kegiatan ini merupakan aksi nyata mendukung kebijakan program pemerintah dalam rangka percepatan penurunan stunting.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan kegiatan awal yang diharapkan dapat dikembangkan terus ke depannya dengan cakupan daerah yang lebih luas dan merata.

"TP PKK Pusat melaksanakan kegiatan ini, karena dari pengalaman yang ada, telah membuktikan bahwa TP PKK Pusat dan daerah senantiasa berkolaborasi dan bersinergi dengan mitra-mitra kerja PKK, yakni melakukan upaya nyata pemberdayaan keluarga melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat secara terstruktur," katanya.

Baca juga: TP-PKK Pusat bangun Gerakan Cegah Perkawinan Anak

"Pengalaman nyata inilah yang membulatkan tekad kami untuk melakukan kegiatan pemberian bantuan pemerintah ini," kata Tri.

Menurut dia, pemberian bantuan ini tidak sekadar membagi-bagikan sembako, tetapi selalu ada aspek mengedukasi masyarakat, yakni memberikan pemahaman kepada setiap keluarga untuk mengetahui dan mampu menolong dirinya sendiri menuju kehidupan yang lebih baik, lebih sehat, dan lebih sejahtera.

"Atas dasar itu, kegiatan ini dirancang dengan melibatkan kader PKK yang ada di lini terdepan, yang kami harapkan mereka dapat melakukan pendampingan secara intensif terhadap keluarga-keluarga yang menjadi kelompok sasaran binaannya," kata dia.

Baca juga: Ketum TP PKK salurkan bantuan bagi warga terdampak bencana di Sumba

Tri turut mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kementerian Dalam Negeri, TP PKK Provinsi Jawa Barat dan Kota Depok, segenap mitra kerja TP PKK, dan kader PKK atas dukungan serta partisipasinya dalam kegiatan ini.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022