Presiden sangat jelas melakukan akselerasi transformasi digital
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut bahwa Indonesia mampu melewati tantangan pandemi COVID-19 berkat langkah sigap Presiden Joko Widodo yang melakukan penyesuaian arah pembangunan nasional dengan tetap berpatokan pada visi dan misi yang telah disampaikan kepada masyarakat. 

Ia mengatakan, dari sembilan misi arah pembangunan nasional, salah satu di antaranya adalah menjawab tantangan pandemi COVID-19 dengan melakukan akselerasi transformasi digital nasional.

“Di situasi tantangan global yang luar biasa, maka berdasarkan atau dengan dampak pandemi COVID-19, Indonesia dengan directive Presiden sangat jelas melakukan akselerasi transformasi digital nasional, mengajak dan melibatkan peran serta masyarakat untuk memulai terlibat di dalam ruang digital,” kata Johnny dalam konferensi pers peluncuran Laporan Tahunan Pemerintahan Presiden Joko Widodo–Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin Tahun 2022, di Gedung Bina Graha Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan, melalui transformasi digital, presiden juga menekankan arti penting keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam membangun ekonomi, pemerintahan dan kehidupan masyarakat berbasis digital.

Menurut Menkominfo, berbagai capaian KIM dalam tiga tahun terakhir telah dilalui dengan penyesuaian dan adaptasi yang dilakukan.

“Kebijakan baru tersebut memungkinkan Indonesia mengatasi pandemi COVID-19 dengan sangat sigap dan tepat, mudah-mudahan sebentar lagi kita memasuki fase endemi, aktivitas masyarakat bisa berjalan normal kembali, kehidupan perekonomian bisa berjalan normal kembali,” ujarnya.

Seperti diketahui, tepat tanggal 20 Oktober 2022, Pemerintahan Kabinet Indonesia Maju (KIM) telah memasuki tahun ketiga.

“Dalam perjalanannya belum genap setahun pemerintahan, dunia dilanda pandemi COVID-19 yang mengubah seluruh arah dan gerak kehidupan masyarakat, termasuk Indonesia,” kata Menkominfo. 

Baca juga: Menkominfo dorong peran aktif ekosistem siaran televisi sukseskan ASO

Baca juga: Menkominfo: Pemerintah belajar dari pengalaman soal dinamika pemilu

Baca juga: Pemerintah siapkan perpres dan aturan turunan dari UU PDP


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022