Cirebon, Jabar (ANTARA) - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengumumkan Provinsi Lampung menjadi tuan rumah gelaran Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN) ke-24 yang akan digelar pada bulan Juni 2023.

"Dari hasil yang telah disepakati untuk tahun 2023 Provinsi Lampung menjadi tuan rumah TTGN ke-24," kata Sekretaris Badan Pengembangan dan Informasi Desa PDT dan Transmigrasi pada Kemendes PDTT, Razali di Cirebon, Jawa Barat, Jumat.

Menurutnya ada beberapa provinsi yang mengajukan diri sebagai tuan rumah TTGN ke-24 pada tahun depan, seperti Provinsi Papua, Sulawesi Tenggara, Lampung, dan Jawa Timur.

Baca juga: Kemendes PDTT: Teknologi tepat guna jadikan desa lebih optimistis

Namun kata Razali, setelah beberapa kali melakukan komunikasi baik melalui surat maupun secara langsung, Provinsi Lampung menjadi yang paling siap, sehingga pihaknya menentukan bahwa Provinsi Lampung menjadi tuan rumah TTGN ke-24 pada tahun 2023.

Selain mengumumkan Provinsi Lampung sebagai tuan rumah, Kemendes PDTT juga menyampaikan bahwa Provinsi Jawa Timur akan menjadi tuan rumah event yang sama pada tahun 2024.

Baca juga: Kemendes PDTT dukung program BUMDesma di Maluku Utara

"Yang mencalonkan diri yaitu Provinsi Papua, Sulawesi Tenggara, Lampung, dan Jatim, namun setelah dilakukan komunikasi Provinsi Lampung dan Jawa Timur terpilih untuk tuan rumah TTGN tahun 2023 dan 2024," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Lampung yang juga Pj Bupati Tulang Bawang Barat Zaidirina berterima kasih atas penunjukan Provinsi Lampung sebagai tuan rumah TTGN ke-24 pada 2023.

Baca juga: Mendes PDTT: Hasil inovasi TTG masuk "e-katalog" katalog Kemendes

Ia berharap pada gelaran tersebut, nantinya banyak inovasi dan teknologi yang dihasilkan khususnya di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan, mengingat bidang tersebut menjadi penyumbang perekonomian di Provinsi Lampung.

"Kami mendapatkan kepercayaan untuk mengadakan TTGN yang ke-24 kami berharap bisa sukses seperti di Cirebon ini," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022