Keindahan wastra songket yang mengkilap dipadukan dengan tampilan masa kini
Jakarta (ANTARA) - Dalam perhelatan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023, jenama produk kecantikan Wardah mengambil bagian dan berkolaborasi bersama para desainer Tanah Air menampilkan mode terkini dari tren pakaian muslim.

Mulai dari desainer senior Itang Yuansz, Barli Asmara, Dear Dean x Atas Bawah, Jenna & Kaia, Khanaan, hingga Buttonscarves x Benang Jarum menjadi deretan pihak yang berkolaborasi di penampilan "Fashion Parade 3" pada JMFW 2023.

Jika dirangkum secara keseluruhan, maka bisa dibilang beragam jenis fesyen mulai dari tampilan chic hingga classy seluruhnya dipertontonkan dalam parade ini.

Baca juga: Mengenal "modest fashion" di Indonesia yang kaya akan kreativitas

Detail puff dan ruffle masih mendominasi rancangan para desainer ini untuk koleksi-koleksi di 2023 mendatang. Berikut rangkuman singkat untuk masing-masing koleksi yang ditampilkan para desainer di JMFW 2023.

Barli Asmara
Koleksi Barli Asmara untuk Parade Fashion Show 3 dalam Jakarta Muslim Fashion Week 2022 di ICE BSD, Kamis (20/10/2022). (ANTARA/Livia Kristianti)


Tetap menjaga ciri khasnya yaitu fesyen "ultra feminim", Barli Asmara menunjukkan koleksi pakaian yang lembut dan hangat.

Warna-warna pastel mendominasi rancangannya sebut saja seperti Pink Pastel, Neo Pastel Blue, hingga Baby Yellow mewarnai koleksinya kali ini sehingga terasa lembut.

Detail lengan puff dikolaborasikan dengan detail ruffle memberikan efek pemanis dan kesan anggun bagi pemakainya.

Dalam pertunjukan ini, Fanny Fabriana terlihat juga melenggok dengan rancangan Barli Asmara lewat gaun berwarna blue pastel dilengkapi tampilan kerah dan bagian bawah berupa ruffle.

Baca juga: JFW 2023 ingin jadi ajang pengakuan terhadap industri fesyen Indonesia

Tampilan yang dibawakan Fanny tersebut berhasil menunjukkan kesan feminim, namun tetap classy dengan adanya detail kerah.

Dear Dein x Atas Bawah
Koleksi Dear Dein x Atas Bawah untuk Parade Fashion Show 3 dalam Jakarta Muslim Fashion Week 2022 di ICE BSD, Kamis (20/10/2022). (ANTARA/Livia Kristianti)


Bisa dibilang ini merupakan panggung pertama bagi Rey Mbayong dan Dinda Hauw bukan sebagai model namun sebagai perancang busana di JMFW 2023.

Melalui jenama fesyen yang mereka besarkan yaitu Dear Dein x Atas Bawah, keduanya menampilkan koleksi paling banyak di parade fashion ini.

Keindahan wastra songket yang mengkilap dipadukan dengan tampilan masa kini terpancar dari koleksi Dear Dein x Atas Bawah.

Untuk koleksi wanita, warna-warna cerah dan berani ala "cewek kue" terlihat ditonjolkan.

Baca juga: JFW dan WIR Group gagas "fashion show" pertama di metaverse Indonesia

Detail ruffle dan puff membuat rancangan Dinda Hauw itu terlihat semakin modern.

Memasuki koleksi pria, aksesoris juga ikut menjadi sorotan seperti topi bucket hat membuat tampilan para model menjadi lebih menarik.

Dengan bahan kemeja silk berpadu dengan songket membuat model terlihat lebih chic.

Bisa dibilang keduanya sukses memadukan keindahan produk budaya dengan gaya modern masa kini.

Itang Yunasz
Koleksi Itang Yunasz untuk Parade Fashion Show 3 dalam Jakarta Muslim Fashion Week 2022 di ICE BSD, Kamis (20/10/2022). (ANTARA/Livia Kristianti)


Sebagai desainer senior untuk fesyen muslim, Itang Yunasz melalui koleksi 2023-nya menciptakan koleksi resort.

Tampilan santai namun tetap elegan ketika digunakan menjadi kunci dari koleksi Itang Yunasz kali ini.

Kesan santai semakin didapatkan dari potongan gaun, baju, serta celana yang oversized.

Motif serta warna yang dipilih yaitu motif pohon kelapa serta warna yang bisa cocok dengan siapa saja mendukung untuk memenuhi tampilan santai tersebut.

Meski terkesan santai, detail puff dan ruffle membuat tampilan santai tersebut bisa tetap terlihat elegan.

Baca juga: JFW 2021 hadirkan koleksi Barli Asmara tahun 2008-2018

Buttonscarves x Benang Jarum
Koleksi Buttonscarves x Benang Jarum untuk Parade Fashion Show 3 dalam Jakarta Muslim Fashion Week 2022 di ICE BSD, Kamis (20/10/2022). (ANTARA/Livia Kristianti)


Untuk koleksi Buttonscarves x Benang Jarum, tampilan chic nampaknya yang paling pas disematkan untuk koleksi ini.

Terinspirasi dari salah satu karya Disney yaitu "Alice in the Wonderland" tampak motif geometris serta floral yang tampil di karya tersebut dituangkan dalam rancangan Buttonscarves x Benang Jarum.

Warna-warna yang dipilih seperti ungu tua, teal blue, dan abu nampaknya sengaja memberikan kesan berani namun tetap teduh bisa digunakan dalam berbagai kesempatan.

Mulai dari gaun, outer, hingga blouse serta celana tampil lengkap dipertunjukkan di koleksi ini.

Jenna & Kaia
Koleksi Jenna & Kaia untuk Parade Fashion Show 3 dalam Jakarta Muslim Fashion Week 2022 di ICE BSD, Kamis (20/10/2022). (ANTARA/Livia Kristianti)


Cheerful menjadi kesan pertama yang didapatkan dari koleksi Jenna & Kaia untuk JMFW 2023.

Warna-warna cerah dan palet pastel seperti baby yellow hingga minty green mendominasi koleksi ini.

Selain menghadirkan detail ruffles serta potongan oversized, Jenna & Kaia juga menunjukkan tampilan bertumpuk atau layering.

Warna-warna cerah yang mendominasi itu dipadu padankan dengan warna-warna teduh seperti teal dan abu untuk memberikan kesan classy.

Baca juga: Dua jenama lokal berkolaborasi lahirkan busana feminin gaya retro

Khanaan
Koleksi Khanaan untuk Parade Fashion Show 3 dalam Jakarta Muslim Fashion Week 2022 di ICE BSD, Kamis (20/10/2022). (ANTARA/Livia Kristianti)


Koleksi dari jenama Khanaan menjadi penutup yang pas untuk Parade Fashion 3 di JMFW 2023.

Menunjukkan koleksi resort-nya, Khanaan memberikan tampilan baju-baju oversized yang flowy dan terkesan nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Untuk detailnya, Khanaan juga menghadirkan detail puff serta bell di bagian lengan yang memberikan kesan elegan.

Warna-warna yang dipilih dengan bahan halus membuat kesan nyaman sangat terpancar dari koleksi ini.

Adapun warna yang dipilih seperti abu-abu, forest green, serta teal blue.

Baca juga: Tantangan dan harapan desainer Indonesia di masa pandemi

Head of Wardah Tiara Putri menyebutkan rancangan-rancangan yang dihadirkan para desainer kolaboratornya itu diharapkan bisa memberikan lebih banyak inspirasi bagi masyarakat tidak hanya di Tanah Air tapi juga sampai ke mancanegara.

Sebagai jenama asli asal Indonesia, Wardah berkomitmen untuk bisa mendorong ekosistem fesyen muslim berkembang dan semakin dikenal di mata dunia.

Hal itu sejalan dengan cita-cita Pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia di 2024 sebagai pusat serta kiblat dari fesyen muslim global.

"Sejalan dengan kampanye Wardah #BeautyMovesYou, kami ingin mengajak para perempuan Indonesia mendukung seluruh fesyen desainer lokal sehingga bisa melangkah tidak cuma di tingkat lokal tapi juga merambah ke ranah global,
" ujar Tiara dalam konferensi pers JMFW 2023.

Adapun Wardah dalam JMFW 2023 kembali mengambil posisi sebagai riasan resmi yang digunakan dalam seluruh pertunjukan yang berlangsung hingga 22 Oktober 2022.

Baca juga: Indonesia bidik Afrika sebagai pangsa pasar busana muslim

Baca juga: Menkop UKM optimistis Indonesia bisa jadi pusat fesyen "modest"

Baca juga: Kadin harap Indonesia bisa kuasai pasar fesyen dunia

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022