UII memiliki tujuan untuk hadir melakukan kerja sama demi pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi
Madiun (ANTARA) - PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA dan Jurusan Akuntansi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menjalin kerja sama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai upaya mewujudkan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kerja sama tersebut diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang Kerja Sama dalam Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro dan Ketua Jurusan Akuntansi UII Dekar Urumsah.
 
Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro dalam keterangan tertulis yang diterima di Madiun, Jumat, mengatakan penandatanganan tersebut tidak lepas dari perkembangan PT INKA (Persero) hingga saat ini.

"Sehingga UII memiliki tujuan untuk hadir melakukan kerja sama demi pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat," ujar Budi Noviantoro.

​Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama itu dilakukan di Madiun, Jawa Timur, pada Kamis (20/2).

Baca juga: Rektor UII lantik delapan dekan periode 2022-2026

Baca juga: Lima calon Rektor UII Yogyakarta sampaikan rencana aksi

​​​​​​
Menurut Budi Noviantoro, industri saat ini mengarah ke ekosistem "Electric Vehicle" (EV) dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang diutamakan. Hal itu dimaksudkan agar Indonesia dapat mandiri secara ekologi.

"INKA dapat membuat kajian kolaborasi dengan perguruan tinggi. Setelah MoU kita dapat membuat program penelitian dengan judul "Produk Penelitian Perpajakan dan Dampak dari Kebijakan Pemerintah terhadap Electric Vehicle untuk Membuat Ekosistem Produksi Easy," kata Budi.

Ketua Jurusan Akuntansi UII, Dekar Urumsah menambahkan, berdasarkan nota kesepahaman tersebut pihak UII ingin mengajak PT INKA (Persero) untuk berkolaborasi dalam seluruh kegiatan yang berkaitan dengan bidang akuntansi.

"Sedikit banyak niat kami untuk bekerja sama dengan PT INKA. Untuk mahasiswa, kita dapat menambah ilmu dan pembelajaran," kata Dekar.

Baca juga: Alumni UII Yogyakarta kurangi pemanasan global dari Samarinda

Baca juga: UII Yogyakarta raih akreditasi unggul dari BAN-PT

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022