Event 'Sleman Creative Week #2' diharapkan mendukung terwujudnya masyarakat Sleman yang sejahtera melalui kemandirian ekonomi.
Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo menyebutkan, kegiatan "Sleman Creative Week #2" yang digelar di "Sleman Creative Space" Taman Kuliner Conatur dimaksudkan untuk mengangkat potensi, produktivitas, dan kapasitas para pelaku ekonomi kreatif.

"Event 'Sleman Creative Week #2' diharapkan mendukung terwujudnya masyarakat Sleman yang sejahtera melalui kemandirian ekonomi," kata Kustini saat membuka resmi "Sleman Creative Week #2", Jumat sore.

Ia mengatakan, dengan diselenggarakan kegiatan "Sleman Creative Week #2" dan kegiatan serupa lainnya dapat menciptakan ekosistem yang kondusif bagi peningkatan kreativitas masyarakat serta dapat berdampak pada peningkatan ekonomi makro di Sleman.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi ruang temu pegiat ekonomi kreatif di Sleman dan sekitarnya untuk mewujudkan terbentuknya kelembagaan dan jejaring kemitraan ekonomi kreatif dalam membangun sinergi untuk mengembangkan industri kreatif, terutama dalam upaya pemulihan kondisi ekonomi," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membuka "Sleman Creative Week #2" Tahun 2022 yang ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan pita.

Kegiatan "Sleman Creative Week #2 kali ini merupakan kolaborasi dari Pemkab Sleman melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dan Sleman Creative Community.

Pada tahun ini "Sleman Creative Week" mengusung tema "Living Colaborative Culture".

Bertepatan dengan pembukaan event ini, Pemkab Sleman juga mencanangkan bulan Oktober sebagai Bulan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sleman sesuai dengan SK Bupati Sleman No. 72/2022 tentang Bulan Ekonomi Kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid mengatakan bahwa "Sleman Creative Week #2" ini sebagai bentuk fasilitasi unjuk potensi pengembangan 17 subsektor ekonomi kreatif dari pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman.

Ia berharap melalui "Sleman Creative Week #2" ini dapat menjadi inisiasi awal dalam pencanangan bulan Oktober sebagai "Bulan Ekonomi Kreatif" Kabupaten Sleman yang bertujuan mewadahi potensi ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman.

"Kami terus melakukan upaya untuk mendorong perkembangan ekonomi melalui ekonomi kreatif, dengan dicanangkannya bulan Oktober sebagai Bulan Ekonomi Kreatif. Pencanangan ini diharapkan menjadi momen tumbuhnya perekonomian di Sleman karena ekonomi kreatif adalah sektor potensial," katanya.

Rangkaian "Sleman Creative Week #2" dimulai dengan Pesta Boneka #8 yang dilaksanakan dari 3 Oktober hingga 9 Oktober di Kampung Media dan Desa Wisata Kelor.

Kemudian dilanjutkan dengan "Sleman Creative Week" yang berlangsung dari 21 sampai dengan 23 Oktober 2022 di Sleman Creative Space, Taman Kuliner Condongcatur.

Rangkaian agenda "Sleman Creative Week #2" akan ditutup 23 Oktober dengan even "Bedog Arts Festival" yang akan digelar di Studio Banjarmili, Banyuraden, Gamping dengan tema "Memayu Hayuning Sukma".

Kegiatan "Sleman Creative Week #2" juga akan diisi dengan enam kali workshop yang menghadirkan narasumber dari berbagai pelaku kreatif.

Selain itu juga pameran produk yang diikuti oleh 26 tenan produk ekonomi kreatif. Event ini juga dimeriahkan oleh 13 grup kesenian tradisional maupun modern.
Penampilan dari pelaku ekonomi kreatif Sleman pada pembukaan "Sleman Creative Week #2" di "Sleman Creative Space" Taman Kuliner Condongcatur, Jumat (21/10/22). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022