Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Minggu (23/10), mulai dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai pembangunan ekosistem dan transformasi Balai Latihan Kerja (BLK) kebijakan yang dapat menyasar persoalan SDM hingga relawan Go-Anies menegaskan siap melawan kampanye hitam yang ditujukan kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

Wapres: BLK Komunitas dapat menyasar permasalahan SDM

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai pembangunan ekosistem dan transformasi Balai Latihan Kerja (BLK) dalam komunitas merupakan salah satu kebijakan yang dapat menyasar persoalan sumber daya manusia (SDM) di tengah situasi perekonomian nasional dan global.

"Pembangunan ekosistem dan transformasi Balai Latihan Kerja di dalam komunitas merupakan salah satu kebijakan yang saya nilai dapat menyasar permasalahan di lapangan," kata Ma’ruf Amin dalam sambutannya secara daring pada acara Peresmian Balai Latihan Kerja Komunitas dan Akselerasi Kemandirian BLK Komunitas 2022 di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Hasto Kristiyanto: PDIP akan panggil Ganjar Pranowo

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan PDIP akan memanggil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo atas pernyataannya yang siap jika ditugaskan sebagai calon presiden (capres).

"Ganjar pun akan kami lakukan klarifikasi terkait pernyataannya," kata Hasto di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo masih ungguli Prabowo dan Anies

Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkini yang menyebut elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai calon presiden masih unggul pada peringkat pertama dengan 32,1 persen.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, menjelaskan hasil survei dalam simulasi tiga nama menunjukkan elektabilitas Ganjar sebesar 32,1 persen, diikuti Prabowo Subianto 27,5 persen, dan Anies Baswedan 26 persen. Sedangkan ada 14,4 persen yang belum menjawab atau tidak tahu.

Selengkapnya baca di sini.

Tokoh pemuda adat minta ada penjabat gubernur mengurus Papua

Tokoh pemuda dari wilayah adat Tabi di Papua Martinus Kasuay meminta pemerintah pusat menunjuk penjabat gubernur untuk mengurus pemerintahan di Papua karena Gubenur Lukas Enembe sedang sakit.

"Untuk urusan pemerintahan, pemerintah pusat secepatnya menunjuk penjabat sementara untuk mengurus masyarakat yang ada di Papua," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Relawan Go-Anies siap lawan kampanye hitam

Koordinator Nasional relawan Go-Anies, Sirajuddin Abdul Wahab, menegaskan siap melawan kampanye hitam yang ditujukan kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 mendatang.

"Go-Anies siap menjadi relawan putih untuk melawan setiap isu hitam yang merusak citra Bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden," katanya dalam penutupan Rakernas Relawan Go-Anies di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022