Makassar (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dam HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan mencatat serapan anggaran hingga Oktober 2022 sudah mencapai angka 80,94 persen.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak di Makassar, Senin, mengatakan, serapan anggaran pada Kanwil Kemenkumham Sulsel masih tetap ada di jajaran teratas, sebesar 80,94 persen.

"Ini tidak mudah diraih. Ini semua berkat dukungan dan dorongan dari seluruh pimpinan tinggi pratama sehingga serapan anggaran Kanwil Kemenkumham Sulsel masih berada di jajaran teratas," ujarnya.

Liberti Sitinjak mengatakan, pada evaluasi capaian kinerja unit pelaksana teknis (UPT) pada Oktober tahun 2022, ada 33 UPT yang menjadi bahan evaluasi.

Objek evaluasi terkait realisasi belanja non rutin UPT untuk memenuhi target kinerja Triwulan IV Tahun 2022.

Liberti menyampaikan, capaian Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) Kanwil Kemenkumham Sulsel pada Semester I lalu sempat berada di peringkat ke-13.

Namun pada Triwulan III ini, capaian IKPA-nya berhasil naik ke peringkat ke-6 dengan nilai 97,69 persen.

"Ini merupakan kemajuan yang signifikan. Ini tentunya tidak lepas dari perbaikan mindset dalam melakukan kinerja," katanya.

Untuk mempertahankan posisi tersebut, Liberti meminta komitmen seluruh jajaran di UPT untuk terus bekerja keras memaksimalkan serapan anggaran.

Selanjutnya, Liberti mengevaluasi capaian Realisasi Belanja Non Rutin pada UPT se-Sulsel. Hingga 17 Oktober tahun 2022, masih ada beberapa UPT yang realisasi belanja non rutin belum mencapai 70 persen.

Untuk itu, Liberti meminta para Kepala UPT menyusun strategi agar realisasi belanja non rutin dapat terpenuhi hingga akhir tahun 2022.

Menanggapi arahan Kakanwil Liberti, masing-masing Kepala UPT menyampaikan rencana kegiatannya di masing-masing UPT guna merealisasi belanja non rutin tersebut.

Liberti juga berharap melalui evaluasi ini, Realisasi Penarikan Dana (RPD) dapat ditingkatkan penyerapannya oleh masing-masing UPT hingga akhir Oktober mendatang sekaligus capaian IKPA Kemenkumham Sulsel masuk 3 (tiga) besar.

"Mari kita bersama-sama berusaha dan berjuang," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin mengajak seluruh jajaran UPT untuk sama-sama bekerja dan bekerja sama guna mempertahankan posisi serapan anggaran Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Hadir dalam evaluasi ini Kepala Divisi Keimigrasian Jaya Saputra, Kepala Divisi Pemasyarakatan Suprapto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan, Kepala Bagian Program dan Humas John Batara, Kepala Subbagian Program Penyusunan dan Laporan (P2L) Fajrin T beserta jajarannya, Seluruh Kepala UPT se-Sulsel beserta jajarannya, dan Jajaran Pengadaan Barang Milik Negara (BMN).
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022