Jakarta (ANTARA) - Peluang Indonesia meraih dua medali emas, seperti yang ditargetkan Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB GABSI), masih terjaga setelah dua tim Merah Putih putri dan campuran melaju ke babak final "4th Bridge Championship Asia Cup 2022" di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Senin.

Berdasarkan hasil pertandingan, tim putri yang diperkuat oleh Fera Damayanti/Riantini, Conny E Sumampouw/Rury Andhany, Roro Joffani TD/Rachma Shaumi dengan kapten Hendra Railis dan pelatih Kamto pertama kali lolos ke babak final setelah menghancurkan perlawanan Hong Kong di semifinal dengan skor sangat meyakinkan 180 – 40 imp.

Selanjutnya pada babak final, mereka akan berhadapan dengan Taiwan yang mengalahkan Singapura dengan keunggulan 99-84 Imp. Dengan hasil tersebut, maka pada perebutan tempat ketiga akan bertarung Hong Kong melawan Singapura.

Baca juga: Empat tim Indonesia lolos ke semifinal Kejuaraan Bridge Asia Cup 2022

Sementara itu, tim campuran yang diperkuat oleh Lusje Bojoh/Taufik G Asbi, Kristina Wahyu M/Julius A George, Elsya S Ningtias/Robert Parasian dengan kapten Rustam Effendy dan pelatih Syahrial Ali berhasil mengalahkan Singapura di semifinal dengan skor 116-82 imp.

Terjadi kejutan di nomor ini ketika juara babak penyisihan Taiwan harus mengakui keunggulan India di babak semifinal. Taiwan gagal karena kalah 97-118 imp.

Akibatnya, partai final antara Indonesia melawan Taiwan yang sudah ditunggu banyak penggemar bridge gagal terjadi.
Indonesia akan menghadapi India, sementara Taiwan berebut medali perunggu melawan Singapura.

Namun, Indonesia gagal membuat kejutan pada kategori senior. Indonesia yang meloloskan dua timnas ke babak semifinal kategori senior harus mengakui keunggulan dua lawannya.

Indonesia B kalah dari India B, sementara Indonesia A ,yang jauh lebih berpeluang, gagal lolos karena banyak membuat kesalahan sendiri.

Baca juga: Dua tim Indonesia selangkah lagi ke semifinal Bridge Asia Cup 2022

Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang 69 – 81 imp. Jepang akan berhadapan dengan India B untuk memperebutkan medali emas, sementara Indonesia A berhadapan dengan Indonesia B untuk perunggu.

Pada nomor putra, Hong Kong akan berhadapan dengan Selandia Baru untuk memperebutkan medali emas, sementara Jepang berhadapan dengan India untuk meraih medali perunggu.

Melihat perebutan medali, tuan rumah berpeluang meraih juara umum karena Indonesia mengirimkan dua tim di final.

Babak final akan berlangsung Selasa, dilanjutkan dengan upacara penutupan, yang rencananya dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, serta penyerahan hadiah.

Baca juga: Indonesia berpeluang lolos ke semifinal Kejuaraan Bridge Asia Cup 2022

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022