Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Rabu (26/10) kemarin yang menarik untuk disimak mulai dari evakuasi penumpang kapal terbakar di perairan Pulau Timor hingga Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa empat pasien kasus COVID-19 varian XBB di Indonesia sudah sembuh. Berikut berita-berita tersebut :
 

1. Tim SAR evakuasi 320 penumpang kapal terbakar di perairan Pulau Timor
 

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang telah mengevakuasi sebanyak 320 orang penumpang KM Cantika Express 77 yang terbakar di perairan Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur.
 

"Korban yang kami evakuasi terdiri dari 312 orang yang selamat, sedangkan 18 orang meninggal dunia," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang I Putu Sudayana kepada wartawan di Kupang, Rabu.
 

2. Ketepatan waktu bangun antibodi COVID-19 lindungi RI dari varian XBB
 

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan ketepatan waktu pemerintah dalam membangun antibodi masyarakat melalui vaksinasi COVID-19 telah melindungi Indonesia dari varian baru XBB.
 

“Jadi kita beruntung karena 'timing' vaksinasi kita dan waktu Omicron banyak yang kena, terinfeksi, sehingga proteksinya bagus. Selama enam bulan kita sudah tidak ada apa-apa,” kata Budi saat ditemui ANTARA usai Gerakan Nasional Aksi Bergizi 2022 yang diikuti di Jakarta, Rabu.
 

3. Atap kelas ambruk, ratusan siswa SDN Gugut -Jember diliburkan
 

Kegiatan belajar mengajar (KBM) ratusan siswa SDN 02 Gugut di Desa Gugut, Kabupaten Jember, Jawa Timur terpaksa diliburkan karena sejumlah atap ruang kelas ambruk dan tidak bisa digunakan untuk kegiatan belajar, Rabu.
 

"Kami terpaksa meliburkan kegiatan belajar karena masih melakukan pembersihan atap ruang kelas yang ambruk," kata Kepala SDN 02 Gugut, Sucipto di Jember.
 

4. Wapres harap penguatan kemitraan Bank Dunia untuk atasi "stunting"
 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan harapan adanya penguatan kerja sama dan kemitraan dengan Bank Dunia untuk mengatasi stunting atau kekerdilan di Indonesia, saat menerima jajaran delegasi lembaga tersebut, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu.
 

"Kami masih sangat memerlukan adanya kerja sama kemitraan dengan lembaga-lembaga internasional, dengan Bank Dunia, dengan UNDP, FAO, untuk bisa menanggulangi (penurunan kekerdilan)," kata Wapres, sebagaimana siaran pers yang diterima.
 

5. Kemenkes: Empat pasien kasus XBB di Indonesia sudah sembuh
 

Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa empat pasien kasus COVID-19 varian XBB di Indonesia sudah sembuh.


"Pasien semuanya bergejala ringan seperti batuk dan pilek. Tapi, semua pasien sudah sembuh dan mereka hanya melakukan isolasi mandiri, tidak dirawat di rumah sakit," ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril dalam konferensi pers yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu

 

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022