Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meninjau pengungsian warga terdampak banjir di Gedung Olahraga Gelora Remaja Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (27/10), untuk memastikan kebutuhan warga terpenuhi dengan baik.
 
Gubernur saat menemui ratusan warga pengungsi seraya memberikan semangat dan memotivasi warga terdampak, agar tetap bersabar serta senantiasa terus berdoa agar bencana banjir segera berakhir.
 
"Tetaplah sabar, terus berdoa dan jangan lupa tetap menjaga kebersihan, agar di pengungsian tetap sehat," kata Sugianto.
 
Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng juga menyerahkan secara simbolis bantuan kepada korban banjir berupa 200 selimut anak dan selimut dewasa, 200 paket keperluan bayi, paket buku dan alat tulis.
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran didampingi Ketua TP PKK Yulistra Ivo menemui warga terdampak banjir di pengungsian, Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (27/10). (ANTARA/Ho-Diskominfosantik Kalteng)
 
Sugianto beserta jajaran, juga meninjau dapur umum di area sekitar pengungsian, seraya memberikan bantuan secara pribadi sebesar Rp20 juta untuk warga yang bertugas melayani di dapur umum.
 
"Terima kasih kepada bapak dan ibu semua yang bekerja, melayani dengan tulus kebutuhan makan dan minum warga selama mengungsi," ucapnya.
 
Dirinya menjamin agar tidak ada warga yang kelaparan dalam pengungsian khususnya dan warga terdampak banjir pada umumnya, sekaligus menegaskan pemerintah wajib hadir di tengah-tengah masyarakat yang sedang kesusahan.
 
Adapun banjir telah terjadi pada beberapa kecamatan di Kotawaringin Barat sejak beberapa pekan lalu hingga hari ini. Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD setempat, tinggi muka air cenderung naik.
 
BPBD Kotawaringin Barat menyatakan banjir masih menggenangi beberapa titik. Data BPBD mencatat titik pengungsian berada di Kecamatan Arut Selatan dan Arut Utara.
 
Sementara itu, Ketua TP PKK Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran yang turut mendampingi gubernur, juga meninjau Pojok Baca Mobil Keliling yang disediakan untuk warga terdampak banjir, khususnya anak-anak usia sekolah.
 
Tampak anak-anak begitu antusias dan bersemangat memanfaatkan pojok baca tersebut, meski dalam kondisi di tengah suasana pengungsian.
 
Diketahui dalam kunjungan kerja Gubernur Kalteng ke Kotawaringin Barat tersebut, juga direncanakan ke Kabupaten Lamandau. Pemprov Kalteng telah menyiapkan logistik bantuan berupa beras sebanyak 80,59 ton, 7.686 paket sembako, serta selimut anak sebanyak 1.000 lembar.

Baca juga: Pemprov kirim bantuan perahu optimalkan penanganan banjir di Kobar

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022