Denpasar (ANTARA) - Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM menggelar kampanye di sejumlah daerah di Bali, Kamis, untuk mengajak wisatawan turut serta mendukung Konferensi Tingkat Tinggi G20 dan menaati aturan hukum yang berlaku.

Informasi yang diperoleh di Denpasar, Kamis, kampanye yang mengangkat tema "Dari Indonesia untuk Dunia yang Damai dan Makmur" (From Indonesia to a Peaceful and Prosperous World) dipimpin Kepala BPHN Kemenkumham Widodo Ekatjahjana yang saat ini juga menjadi Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham.

Pada kegiatan itu, para penyuluh dari BPHN Kemenkumham mendatangi wisatawan dalam negeri dan mancanegara di pusat-pusat keramaian, seperti Sanur, Kuta, dan Ubud, untuk membagikan stiker berisi ajakan mendukung KTT G20, membagikan bunga, dan memberi penjelasan kepada turis mengenai G20 yang pada tahun ini Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Dalam kegiatan sama, para penyuluh juga mengingatkan para wisatawan untuk menjaga ketertiban terutama menjelang KTT G20 pada 15–16 November 2022 dengan menaati aturan hukum dan ketentuan adat masyarakat Bali.

"(Kami) membuat program penyuluhan hukum dengan pendekatan yang humanis, salah satunya dengan sympathetic campaign (kampanye simpatik) seperti ini. Tidak hanya sekali kegiatan, tetapi terus berkelanjutan. Tentunya kami berkoordinasi dengan Biro Hukum, Desa Sadar Hukum, dan Kelompok Sadar Hukum, dan juga paralegal," kata Widodo sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya.

Ia menyampaikan kampanye itu digelar selama dua hari, yakni pada hari pertama, Kamis, rangkaian kegiatan terpusat di Pantai Matahari Terbit dan Pantai Sindhu di Denpasar, serta di Kuta, Badung. Para penyuluh hukum BPHN kemudian melanjutkan kampanye di Ubud, Gianyar, pada Jumat (28/10).

Meskipun demikian, Widodo menyampaikan kegiatan semacam ini bakal terus berlangsung sampai rangkaian acara G20 di Bali berakhir.

Tidak hanya kampanye secara langsung, Widodo mengatakan pihaknya juga aktif mengajak masyarakat turut mendukung kepemimpinan/presidensi Indonesia di G20 melalui media sosial.

"Setiap kegiatan kami dokumentasikan dengan baik, kemudian diolah menjadi konten yang dapat dipublikasikan di kanal media sosial. Kami mengajak para turis tersebut menjadi influencer dalam menyukseskan pelaksanaan KTT G20 dan meningkatkan kepatuhan terhadap hukum di Indonesia," katanya.

Konferensi Tingkat Tinggi G20 merupakan acara puncak seluruh rangkaian G20 yang dihadiri para pemimpin negara anggota G20. Untuk tahun ini, sebagian besar pertemuan KTT G20 terpusat di Nusa Dua, Badung, Bali.

Para pemimpin negara G20 juga dijadwalkan mengunjungi Garuda Wisnu Kencana Cultural Park di Jimbaran pada 15 November dan Tahura Mangrove Ngurah Rai pada 16 November 2022.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022