Pemuda-pemudi Indonesia sebagai generasi pemimpin bangsa harus terus bersemangat menggelorakan persatuan.
Sungailiat (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto melepas puluhan ribu peserta jalan sehat dan kirab budaya nusantara di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Saat melepas 30 ribu lebih peserta jalan sehat dan kirab budaya nusantara, di Sungailiat, Sabtu, Hasto Kristiyanto mengatakan acara yang sangat meriah menjadi momentum penting memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 menggelorakan semangat persatuan.

"Pemuda-pemudi Indonesia sebagai generasi pemimpin bangsa harus terus bersemangat menggelorakan persatuan, satu bangsa satu Tanah Air dengan menjunjung tinggi bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia," kata dia.

Dia menyatakan, dengan kegiatan jalan sehat meskipun sederhana, tetapi dapat menjadi benteng dalam membangun jiwa raga sehat, dan ini merupakan upaya preventif termasuk dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

Menurutnya, kegiatan ini bukti bahwa PDI Perjuangan mampu menyatu dengan rakyat. Parade budaya yang ditampilkan membuktikan kekayaan budaya Indonesia yang berwarna dengan saling melengkapi,Indonesia dengan kepribadian betul-betul dapat ditampilkan ke bangsa lain.

Puluhan ribu peserta jalan sehat dan kirab budaya nusantara terdiri dari generasi muda, orang tua, pelajar berasal dari sejumlah wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selain kegiatan jalan sehat dan kirab budaya nusantara, panitia menyediakan ruang bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang sudah menggelar aktivitas perdagangan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bangka Syahbudin mengatakan ada ratusan pedagang UMKM yang ikut memeriahkan kegiatan tersebut dengan menjual berbagai jenis hasil usaha terutama kuliner.

"Kami sengaja memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk menjual produk usahanya dengan harapan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar dia lagi.

Dia memberikan apresiasi besar ke seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka yang telah mendukung kegiatan jalan sehat kirab budaya nusantara sehingga berjalan aman dan lancar.

Kirab budaya nusantara menampilkan peserta pawai dengan berpakaian adat dari seluruh provinsi di Indonesia. Panitia menyediakan hasil mobil dan hadiah menarik lainnya.
Baca juga: Sekjen PDIP dorong Polri lakukan perbaikan fundamental
Baca juga: Sekjen PDIP gowes bersama sejumlah kepala daerah di Surabaya

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022