Jakarta (ANTARA) -
Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) bakal mengirim timnas bola pantai tangan ke Kejuaraan Asia Tenggara atau Southeast Asian Beach Handball Championship 2022 yang bergulir di Bangkok, Thailand, 15-19 November.
 
Ketua Umum PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, mengatakan, ajang tersebut menjadi bagian dari persiapan Indonesia menghadapi Kejuaraan Asia dan Kejuaraan Dunia Bola Tangan Pantai 2023.

"Kejuaraan bola tangan ASEAN diikuti lima negara dan dapat dijadikan sebagai ajang try out bagi tim bola tangan pantai Indonesia. Dengan harapan, saat tampil di Kejuaraan Asia dan Dunia mampu mengimbangi lawan-lawannya, " kata Zulfydar saat menyaksikan Jakarta Handball Festival di GOR Remaja Jakarta Utara, kemarin.
 
Zulfydar menyebut timnas bola tangan pantai Indonesia untuk ajang di Thailand melakukan persiapan cukup singkat. Bahkan, sebagian besar atlet merupakan pemain bola tangan indoor yang ditempa di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: PB ABTI berharap DKI bangun lapangan bola tangan pasir di Ancol

Dia berharap adanya peranan dan bantuan pemerintah, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dalam pembinaan atlet yang akan tampil di event internasional.
Karena, lanjut Zulfydar, semua atlet yang tampil di luar negeri, bukan saja membawa nama pribadi, dan organisasi, namun murni membawa nama negara dan bangsa.
 
"Negara yang menurunkan atletnya dalam kejuaraan ASEAN nanti datang dari Singapura, Filipina, Vietnam, dan tuan rumah Thailand. Karena kejuaraan bola tangan ASEAN kali ini dijadikan acuan menuju SEA Games 2025 yang rencananya digelar di Thailand," kata Zulfydar.
 
Lebih jauh Zulfydar mengatakan, dengan persiapan yang minim karena keterbatasan anggaran, tim bola tangan pantai Indonesia akan bertolak ke Thailand pada 13 November 2022 di bawah asuhan pelatih Abdul Kadir.
 
Menurut Zulfydar, bola tangan pantai lebih padat dipertandingkan di kawasan ASEAN, Asia dan dunia. Untuk itu sudah seharusnya saat PON juga dilombakan bola tangan selain indoor.

Bahkan dalam olahraga bola tangan pantai, Indonesia sudah menggelar Asian Beach Games di Bali pada 2008 dan selanjutnya tahun 2023 bergulir Asian Beach Games di Jakarta dan World Beach Games di Bali.

"Dengan begitu program pembinaan harus berjenjang mulai bawah. Bahkan, seharusnya juga dipertandingkan di PON, agar prestasi atlet memiliki jenjang menuju dunia," pungkas Zulfydar.

Baca juga: PB ABTI terus gencarkan upaya populerkan bola tangan di Indonesia

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022