Intinya bagaimana masyarakat yang datang berobat mendapatkan pelayanan terbaik dan merasa nyaman
Natuna, Kepri (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan RI kenaikan status RSUD Natuna dari Tipe C menjadi tipe B untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada warga setempat.

"Ini menindaklanjuti pertemuan dengan kementerian karena telah mengajukan perubahan status RSUD tipe C menjadi tipe B, sehingga penting bagi pemerintah untuk memastikan fasilitas RSUD, apa saja kekurangannya perlu dilengkapi demi kenyamanan masyarakat ketika berobat dan menjalani perawatan," kata Bupati Natuna Wan Siswandi saat melakukan inspeksi mendadak ke RSUD Natuna di Ranai, Natuna, Senin.

Ia menambahkan bahwa RSUD bagian dari pemerintah daerah sehingga sinergi antara Pemkab Natuna dan Kementerian Kesehatan perlu dibangun untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

"Kembali saya tekankan bahwa hasil sidak hari ini akan kita evaluasi untuk menentukan beberapa kelayakan fasilitas. Sementara kami terus mendorong RSUD untuk tetap maksimal dan memberikan pelayanan dengan fasilitas yang ada," kata Wan Siswandi.

Ia juga mengatakan bahwa kesehatan menjadi salah satu prioritas pembangunan, dan telah bertemu dengan menteri terkait untuk mengajukan beberapa fasilitas tambahan.

Baca juga: BMKG imbau nelayan Natuna waspadai gelombang laut 3,5 meter

Baca juga: Warga temukan Duyung mati tersangkut jaring di Natuna


Beberapa ruangan yang menjadi fokus pemeriksaan pada saat inspeksi mendadak (sidak) adalah ruangan ICU, ruang rawat bedah dan ruangan operasi.

"Dalam kunjungan hari ini kita sudah lihat ada beberapa hal perlu kita perbaiki terutama adalah keadaan ruang operasi yang harus segera dilakukan perbaikan di beberapa bagian," kata Bupati.

Ia juga mengatakan kesehatan adalah prioritas, jika ada laporan masyarakat atau keluhan masyarakat terkait pelayanan akan segera ditindak lanjuti.

"Intinya bagaimana masyarakat yang datang berobat mendapatkan pelayanan terbaik dan merasa nyaman," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan mengatasi keluhan masyarakat atas kurangnya peralatan medis di RSUD Natuna, pemerintah daerah telah berupaya memenuhi kebutuhan tersebut.

"Insyallah tahun depan RSUD akan diberikan bantuan alat CT Scan. Upaya lain yang kita sudah lakukan adalah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di Kota Batam," kata Wan Siswandi.

Baca juga: Basarnas pastikan Pos Siaga SAR Pulau Laut siap mendukung latgab

Baca juga: BMKG: Siklon tropis Nesat berdampak pada gelombang Laut Natuna Utara

Pewarta: Cherman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022