Jakarta (ANTARA) - PT Pos Indonesia (Persero) mendukung Gerakan Literasi Nasional dengan mendistribusikan buku-buku ke sekolah-sekolah di daerah terdepan, tertinggal, dan terluar atau 3T.

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Siti Choiriana mengatakan, pengiriman buku dilakukan ke 13.572 sekolah pada tahap pertama distribusi Juli 2022.

"Tahap kedua sekarang sedang proses delivery (pengiriman) ke sebanyak 6.986 sekolah," kata Choiriana sebagaimana dikutip dalam siaran pers perusahaan di Jakarta, Senin.

Gerakan Literasi Nasional (GLN) merupakan program Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pada tahap pertama, GLN menyalurkan 3,2 juta buku untuk jenjang pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Choiriana mengatakan bahwa ketersediaan buku sangat membantu anak-anak dengan akses terhadap perangkat elektronik dan pelayanan telekomunikasi terbatas.

"Anak di daerah belum terbiasa (menggunakan buku digital), selain itu mereka memang belum punya kemampuan untuk ke sana, buku-buku (dari GLN) menjadi salah satu solusi yang hebat agar mereka bisa terus belajar," katanya.

Choirina memastikan buku-buku dari GLN sampai ke sekolah-sekolah di daerah 3T dalam keadaan baik.

Baca juga:
Kemendikbud izinkan buku Gerakan Literasi Nasional diperbanyak
Mendikbud: Sekolah di daerah 3T jadi prioritas digitalisasi

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022