merupakan tindak lanjut arahan PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Pendidikan dengan Suku Dinas Kesehatan melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah untuk menerapkan kantin sehat dalam arti bersih serta semua makanan dan minuman diproduksi secara higienis dan berkualitas.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan penerapan kantin sehat merupakan tindak lanjut arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Tujuannya untuk menciptakan kantin sekolah sehat dan bersih dengan melakukan pembinaan melalui Suku Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Suku Dinas Kesehatan ke sekolah-sekolah," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma saat diwawancarai di Jakarta, Selasa.

Dhany menyatakan hal ini dilakukan untuk memastikan  makanan atau minuman yang dijajakan di Kantin Sekolah bersih, sehat dan aman.

"Tentu kita menghimbau melalui Suku Dinas Pendidikan  yang ditindaklanjuti kepala sekolah bersama komite sekolah untuk menyatukan komitmen bersama dalam rangka menjaga anak-anak kita dari makanan-makanan yang ada di kantin sekolah. Kantin sekolah harus terjaga kesehatan nya serta keamanannya," lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 72, Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Ayiroslina mengatakan pihak nya akan mengupayakan agar siswa siswi untuk membawa makanan dan minuman dari rumah sendiri.

"Kita upayakan untuk anak-anak membawa tempat makan dan tempat minum sendiri. Awalnya anak-anak susah untuk disuruh membawa barang-barang tersebut, seiring berjalan nya waktu anak-anak mematuhinya," kata Ayiroslina.

Selain itu, Ayiroslina melanjutkan sekolah ini juga menyediakan kantin sehat yang makanannya di cek secara rutin baik dari kebersihan dan keamanan nya.

"Di kantin sekolah ini selalu dicek rutin kebersihan dan keamanan makanannya serta dicek kesehatan tubuh murid-murid secara rutin oleh tim medis," ungkapnya.

Ayiroslina mengatakan konsep kantin sehat sangat diperlukan guna memastikan siswa siswi mendapat gizi dari makanan dan minuman yang berkualitas.

Dengan mendapatkan asupan makanan yang bersih, siswa dapat terhindar dari beragam penyakit sehingga bisa mengikuti pelajaran dengan optimal.

Ia melanjutkan banyak nya muncul penyakit-penyakit baru yang menyerang anak-anak membuatnya untuk mengantisipasi dengan memberi imbauan terhadap wali murid.

"Penyakit ini sedang gencar-gencarnya, dan kita sudah beri tahu ke wali murid agar anak-anak  berhati-hati dalam memilih makanan dan tidak jajan sembarangan serta menjaga kebersihan," imbuhnya.
Baca juga: Jakarta Selatan imbau sekolah ciptakan kantin sehat dan bersih
Baca juga: Dinkes DKI jelaskan kriteria kantin sekolah sehat
Baca juga: Dinkes DKI: Libatkan siswa dalam ciptakan kantin sehat di sekolah

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022