Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) bersama Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Pusat membantu para orang tua agar mudah membuka akses ilmu yang mempelajari beragam pola asuh terhadap anak.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Sudin PPAPP Jakarta Pusat Bangun Manalu di Jakarta, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut digabung dengan beragam lomba mewarnai yang melibatkan anak dan bazar murah.

Baca juga: Warga Jaksel diajak tingkatkan ilmu gizi dan pola asuh balita

Manalu menuturkan kegiatan kolaborasi itu digelar di Publik Terpadu ramah Anak (RPTRA) Matahari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

"Lomba mewarnai dan bazar digelar terhadap delapan kecamatan se-Jakarta Pusat hingga pertengahan November mendatang," tutur Manalu.

Manalu menjelaskan, selain lomba mewarnai, acara ini juga terdapat bazar yang mengerahkan 15 Jakpreneur binaan dari Suku Dinas (Sudin) Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Jakarta Pusat.

Sementara itu, Bunda PAUD dan Ketua TP PKK Jakarta Pusat, Ucu Jamila mengatakan, pihaknya bersama Sudin PPAPP menggelar road show lomba mewarnai bagi anak PAUD dan bazar Jakpreneur di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat.

Baca juga: Sudinkes Jakut: Info pola asuh anak autisme sangat dibutuhkan saat ini

"Lomba mewarnai tidak sekadar untuk anak PAUD, tapi ibu-ibu juga bisa mengakses ilmu seputar pola asuh anak," ujar Ucu Jamilah.

Sebab tidak hanya kegiatan mewarnai bagi para anak, tetapi para ibu juga bisa mengakses ilmu terkait pola asuh anak melalui forum diskusi dan literasi lainnya.

Ucu juga mengungkapkan ilmu pengetahuan seputar pola asuh anak sangat penting untuk diketahui oleh orang tua dalam menentukan keberhasilan pendidikan anak pada masa mendatang.

"Anak-anak yang kreatif itu lahir dari perasaan yang bahagia. Semangat menjadi para ibu hebat yang bisa memberikan kenyamanan di rumah," imbuhnya.

Seratusan anak PAUD dan belasan Jakprenuer binaan di Kecamatan Cempaka Putih memeriahkan kegiatan tersebut.

Baca juga: Lions gelar lomba mewarnai poster perdamaian libatkan ratusan anak

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022