Jambi (ANTARA) - Bulog Kanwil Jambi menyebutkan stok atau cadangan beras di gudang mereka saat ini sudah cukup sampai empat bulan ke depan atau sebanyak 6.000 ton.


Kepala Kanwil Bulog Jambi Defrizal di Jambi Kamis, mengatakan untuk stok beras yang ada di gudang Bulog cukup untuk tiga hingga empat bulan ke depan termasuk untuk menghadapi perayaan hari besar Natal dan Tahun Baru mendatang.


Untuk saat ini stok beras yang ada di Gudang Bulog lebih dari 4.000 ton dimana terdiri dari jenis beras medium dengan menggunakan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebanyak 3.800 ton, beras jenis premium sebanyak 238 ton dan stok itu cukup untuk hingga empat bulan ke depan.


"Dan Bulog Kanwil Jambi juga sudah mendapatkan tambahan beras baru stok beras CBP sekitar 1.850 ton sebagai cadangan jika terjadi peningkatan permintaan pasar jelas perayaan natal dan tahun baru mendatang," kata Defrizal.

Baca juga: Gubernur Jambi: Bantuan beras bantu ekonomi masyarakat saat PPKM

Kalau ditambah stok beras digudang saat ini ada 4.000 ton lebih ditambah permintaan cadangan 1.850 ton lagi maka stok yang ada di Jambi totalnya mencapai 6.000 ton dan bahkan bisa bertahan sampai lima bulan mendatang.


Defrizal mengatakan jika permintaan pasar meningkat sampai hingga perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), karena stok di Bulog Jambi sifatnya tentatif dan apabila berkurang nanti akan tambah terus dan stok di gudang itu minimal rata-rata harus cukup untuk tiga bulan ke depan.


"Untuk saat ini harga beras medium untuk Jambi cukup stabil di angka Rp8.600 per kilogram nya dan harga beras premium yang dibeli oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut Rp11.000 per kilogram dan kegiatan operasi pasar akan terus kita lakukan semaksimal mungkin, baik melalui mitra maupun melalui satgas Bulog," katanya.


Selain itu stok beras, Bulog Kanwil Jambi juga memiliki stok untuk untuk komoditi gula pasir yang ada di gudang Bulog saat ini sebanyak tujuh ton gula dan pihaknya sudah melakukan pengadaan baru lagi dan akan masuk lagi sekitar 70 ton untuk gula sedangkan untuk minyak goreng ada stok sebanyak 30.819 liter.

Baca juga: Awal tahun, stok beras Bulog Jambi aman



 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022