membantu rekan-rekan jurnalis untuk lebih nyaman mengirimkan berita
Padang (ANTARA) - Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Diskominfotik) Sumatera Barat menyiapkan media center atau pusat pemberitaan bagi jurnalis yang bertugas untuk meliput MTQ Nasional Korpri ke-VI di Padang 6-13 November 2022.

"Tempat yang meskipun masih sederhana ini diharapkan bisa membantu rekan-rekan jurnalis untuk lebih nyaman mengirimkan berita termasuk berita seputar MTQ nasional Korpri ke-VI," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat meresmikan penggunaan pusat pemberitaan tersebut di Padang, Jumat.

Menurut Gubernur, peran pers sangat besar dalam membantu menyebarkan informasi tentang program pemerintah hingga diketahui oleh masyarakat, pers juga memiliki peran dalam kontrol sosial.

"Kritikan yang membangun dan solutif tentu saja dibutuhkan oleh pemerintah," ujarnya.

Pusat pemberitaan MTQ Nasional Korpri tersebut ke depan difungsikan untuk pusat pemberitaan Pemprov Sumbar. Semua insan media bisa memanfaatkan fasilitas yang berada di lantai 2 kantor gubernur tersebut.

Baca juga: Pemprov Sumbar luncurkan aplikasi khusus dukung MTQ Nasional VI Korpri
Baca juga: Sumbar siapkan delapan venue MTQ Nasional Korpri ke-VI

Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, Jasman menyebut pihaknya menyiapkan jaringan internet dengan kapasitas besar di pusat pemberitaan untuk membantu jurnalis yang hendak mengirimkan berita.

"Tidak saja jurnalis media online dan cetak, jurnalis TV juga bisa memanfaatkan jaringan internet cepat ini," ujarnya.

Peresmian pusat pemberitaan itu ditandai dengan penyerahan kunci ruangan dari Gubernur Sumbar Mahyeldi kepada Ketua Forum Jurnalis di Rumah Bagonjong (kantor gubernur), Miko Elfisha.

MTQ Nasional Korpri ke-VI akan digelar pada 6-13 November 2022. Pembukaan akan digelar di Istana Gubernur Sumbar dan penutupan di Masjid Raya Sumbar.

Kafilah dari 34 provinsi di Indonesia dipastikan akan berpartisipasi dalam kegiatan yang akan mempertandingkan sembilan cabang perlombaan tersebut.

Baca juga: Sembilan cabang dilombakan pada MTQ nasional Korpri VI di Padang

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022