Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa dan kabar penting serta menarik, terjadi di DKI Jakarta selama sepekan terakhir pada periode 29 Oktober 2022 sampai dengan 4 November 2022 dan direkam pewarta ANTARA.

Dalam periode tersebut, diinformasikan berita yang informatif, menarik dan layak untuk diulas kembali seperti soal penataan makam COVID-19, keuntungan dan utang terkait Formula E, sampai soal proyek LRT.

Berikut adalah rangkuman berita perkotaan Jakarta selama sepekan terakhir:

1. Jakarta Timur kebut penataan makam COVID-19 TPU Bambu Apus

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) mengebut penataan makam COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus di Jl Bambu Wulung, Bambu Apus, Kecamatan Cipayung.

"Targetnya pada Desember nanti rampung 100 persen. Seluruh plakat nisan menggunakan bahan dari batu granit," kata Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Atang Setiawan, di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya di sini.


2. Perda pengendali lalu lintas elektronik harus segera diterapkan di DKI

Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyatakan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengendalian Lalu Lintas Secara Elektronik (PL2SE) yang saat ini masih dalam tahap rancangan, harus segera disahkan dan diterapkan di Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo meyakini Rancangan Perda PL2SE dapat menekan angka kemacetan, pasalnya sejumlah kota besar di dunia mampu menurunkan tingkat kepadatan lalu lintas setelah mengefektifkan aturan lalu lintas secara elektronik.

Selengkapnya di sini.


3. Polda Metro: Konser "Berdendang Bergoyang" dibatalkan demi keselamatan

Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya membatalkan konser musik "Berdendang Bergoyang" di Istora Senayan Jakarta pada Minggu (30/10) demi keselamatan penonton.

"Polda menyatakan kegiatan itu kita hentikan, karena mempertimbangkan keselamatan jiwa penonton. Kita tidak ingin adanya korban jatuh," kata Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.


4. Dirut Jakpro akan investigasi internal soal karangan bunga

Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto mengatakan akan melakukan investigasi internal soal karangan bunga di Balai Kota Jakarta, Selasa ini.

Hal itu karena, dalam karangan bunga tersebut, menyatakan ada nepotisme di tubuh Jakpro dan juga sampai menyebut-nyebut nama Direktur Sumber Daya Manusia PT Jakpro M Taufiq.

Selengkapnya di sini.


5. Ketua DPRD DKI pertanyakan klaim keuntungan Formula E

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mempertanyakan klaim keuntungan balap Formula E, padahal pihaknya belum mendapatkan laporan keuangan pergelaran yang dilaksanakan Juni lalu tersebut, dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Apakah Formula E ini untung atau tidak? Tolong dijawab," kata Prasetyo dalam rekaman suara rapat pembahasan rancangan KUA-PPAS APBD 2023 pada Rabu malam.

Selengkapnya di sini.


6. Jakpro dicecar soal sewa lahan Sirkuit Formula E

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mencecar manajemen PT Jakarta Propertindo atau Jakpro (Perseroda) soal utang Rp20 miliar yang merupakan nilai penyewaan lahan untuk Sirkuit Formula E.

"Pertanyaan awal saya, apakah bapak sudah bayar kepada Ancol Rp20 miliar? Apakah Formula E untung atau tidak? Tolong dijawab," kata Prasetyo dalam rekaman suara rapat pembahasan KUA-PPAS APBD DKI 2023 yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.


7. Manajemen Jakpro sebut utang ke Ancol tinggal Rp4,9 miliar

Jakarta (ANTARA) - Direktur Bisnis PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Gunung Kartiko menjelaskan utang perusahaan ke PT Pembangunan Jaya Ancol terkait balapan Formula E hanya tinggal Rp4,9 miliar dan akan dibayarkan melalui pembangunan infrastruktur.

"Untuk utang kepada Ancol, ini mungkin perlu dikoreksi dengan data kemarin. Jadi kepada Ancol, kami masih ada sisa hutang Rp4,9 miliar dalam bentuk bangunan infrastruktur," kata Gunung Kartiko di Hotel Grand Cempaka, Kamis.

Selengkapnya di sini.


8. Jakpro ungkap Formula E catatkan laba Rp6,4 miliar lebih

Jakarta (ANTARA) - BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengungkapkan bahwa penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E pada Juni 2022, meraup keuntungan sebanyak Rp6,4 miliar lebih.

Direktur Bisnis PT Jakpro Gunung Kartiko di rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta dengan pembahasan APBD 2023 di Hotel Grand Cempaka, Kamis ini, menjelaskan bahwa pendapatan usaha total dari Formula E 2022 sejatinya sebesar Rp137,34 miliar lebih.

Selengkapnya di sini.


9. LRT Fase 2A dilanjutkan 2023 dengan usulan PMD Rp442 miliar

Jakarta (ANTARA) - Proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta untuk Fase 2A dipastikan akan berlanjut pada 2023, setelah Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI menyetujui usulan pemberian Penyertaan Modal Daerah (PMD) sebesar Rp442 miliar kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro)

Meski demikian, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Fitria Rahadiani mengungkapkan nilai usulan atas proyek yang akan menghubungkan Velodrome dengan Manggarai itu belum final karena belum dibahas lebih dalam dan dibawa ke rapat paripurna DPRD.

Selengkapnya di sini.


10. PKL dipastikan dapat berjualan di bazar Kota Tua

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) memastikan pedagang kaki lima (PKL) dapat berjualan di bazar Kota Tua, Kecamatan Taman Sari.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka membantu para PKL mendapatkan pemasukan lebih dalam setiap kegiatan bazar.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022