"Mereka yang telah terdaftar kemudian akan diedukasi, dibina dan ditingkatkan kemampuannya baik dari pelatihan-pelatihan, bimtek termasuk juga lomba ketangkasan,"
Banjarmasin (ANTARA) - Wali Kota Banjarmasin di Provinsi Kalimantan Selatan, H. Ibnu Sina mengukuhkan 4.500 relawan pemadam kebakaran yang setiap saat terjun setiap terjadi musibah kebakaran di Ibu kota Provinsi Kalsel dan daerah sekitarnya.

Ibnu menyampaikan, para relawan yang dikukuhkan ini yang terdaftar resmi di pemerintah kota.

"Mereka ini semua terdaftar secara resmi diaplikasi e-damkar milik pemerintah kota," ujar Wali kota Ibnu Sina di Banjarmasin, Sabtu.

Menurut Ibnu, jika sudah resmi terdaftar dan dikukuhkan ini, maka perhatian pemerintah kota ditingkatkan bagi relawan Damar dari Badan Pemadam Kebakaran (BPK) swadaya masyarakat tersebut.

"Mereka yang telah terdaftar kemudian akan diedukasi, dibina dan ditingkatkan kemampuannya baik dari pelatihan-pelatihan, bimtek termasuk juga lomba ketangkasan," ucapnya.

Bahkan Ibnu berjanji tahun depan mengalokasikan anggaran untuk asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

Pasalnya, penjaminan iuran untuk asuransi BPJS Ketenagakerjaan bagi anggota Damkar di Kota Banjarmasin sudah masuk revisi Perda Damkar yang sudah difinalisasi di DPRD untuk disahkan.

Dia berharap, para Damkar yang telah dikukuhkan dapat menjalankan tugas dan prosedur dengan sebagaimana mestinya.

"Apalagi kan beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan pelatihan untuk sopir-sopir Damkar, mereka mendapatkan SIM khusus untuk menjadi sopir mobil Damkar, ada 100 orang yang sudah mengikuti dan Isyaallah ini nanti akan dilanjutkan," ujarnya.

"Sehingga mereka tidak seenaknya di jalan mengutamakan keselamatan pengguna jalan yang lain, namun tetap fokus untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah dan tetap menjaga keselamatan sekitar," jelas Ibnu.

Selepas pengukuhan, H Ibnu Sina didampingi jajaran terkait juga menyerahkan hadiah Lomba Ketangkasan Damkar beberapa waktu lalu kepada para pemenang.
Baca juga: Banjarmasin luncurkan mobil pengantar makanan bagi anak stunting
Baca juga: Banjarmasin kirim 11,7 ton sampah plastik daur ulang ke Surabaya
Baca juga: Dukung logistik, Kementerian PUPR tingkatkan Jalan Bypass Banjarmasin

Pewarta: Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022