Jakarta (ANTARA) - Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Prawira Harum Bandung kembali meraih kemenangan pada pertandingan kedua di hari ketiga babak penyisihan IBL Indonesia Cup 2022, Minggu.

Bertanding di GOR Sritex Arena Solo, Jawa Tengah, Pelita Jaya menang atas Bali United Basketball 77-62, sementara Prawira menundukkan Bumi Borneo Basketball Pontianak 67-56.

Bali United, seperti disiarkan IBL, pada mulanya memimpin jalannya pertandingan. Mereka unggul empat angka dari Pelita Jaya 21-17 pada kuarter pertama.

Head coach Anthony Garbelotto membuat perubahan di sisi starter Bali United. Surliyadin masuk line-up, bersama dengan empat pemain yang pada pertandingan sebelumnya ada di tim inti.

Empat pemain tersebut adalah Abraham Renoldi Wenas. Rico Aditya Putra, Bima Riski Ardiansyah, dan Galank Gunawan. Sementara di bench ada dua shooter tajam milik Bali United, yakni Lutfi Eka Koswara dan Sandy Febiansyakh Kurniawan.

Sebaliknya dari Pelita Jaya, head coach Djordje Jovicic menurunkan starting line-up berisi M. Arighi, Vincent Rivaldi Kosasih, Govinda Julian Saputra, dan Hendrick Xavi Yonga.

Sementara untuk posisi kapten tim ada Andakara Prastawa Dhyaksa, sekaligus sebagai pengatur serangan utama. Masuknya Yonga, menggantikan M. Kharis Agung Indarji, yang kini ada di bangku cadangan.

Pada kuarter kedua, saat Pelita Jaya ingin bangkit dan menyusul ketertinggalan, ternyata Bali United mampu menahan mereka.

Bali United justru sempat memperlebar jarak poin hingga 12 angka di kuarter kedua. Beruntung Pelita Jaya masih bisa menambahkan dua angka di sisa waktu 21 detik, sehingga jarak poin terpangkas jadi 7 angka (34-41) saat half-time.

Meski telah unggul, Bali United malah berada dalam tekanan di kuarter ketiga. Hasilnya, Bali United tersusul dari Pelita Jaya. Andakara Prastawa memasukkan three point untuk membuat jarak diantara kedua tim hanya terpaut satu angka (57-58).

Bali United semakin tertinggal yang membuat Pelita Jaya tambah percaya diri untuk kembali mengemas kemenangan dengan 77-62.

Baca juga: Prastawa bawa Pelita Jaya menang atas Rans di Indonesia Cup 2022

Prawira balikkan keadaan

Pertandingan antara Prawira Harum Bandung dengan Bumi Borneo Basketball Pontianak pada kuarter pertama berjalan timpang dikarenakan starter Prawira tidak maksimal. Sebaliknya, sang kapten Bumi Borneo Wisnu Saputra menggila di kuarter tersebut.

Starter Prawira yang diturunkan head coach David Singleton adalah Abraham Damar Grahita (kapten tim), Yudha Saputera, M. Alan As'adi, Brian Adha Elang Praditya, dan M. Reza Fahdani Guntara.

Dari Bumi Borneo, head coach Tondi Raja Syailendra menurunkan Agam Subastian, Calvin Chrissler, Arion Tio, Julius Caesar Wongso, dan A.A. Ngurah Wisnu Budidharma Saputra.

Sebagai kapten tim, Wisnu tampil luar biasa. Dia mencetak 12 poin dari total 14 angka Bumi Borneo di kuarter pertama. Wisnu memasukkan tiga tembakan dua angka, dan dua kali memasukkan three point.

Sebaliknya dari Prawira, starter mereka tidak maksimal. Akhirnya Fernando Manansang menyelamatkan muka Prawira. Sehingga kuarter pertama berakhir dengan skor 14-9 untuk keunggulan Bumi Borneo.

Di kuarter kedua, Prawira seolah mengamuk, dengan memasukkan 27 angka selama kuarter kedua. Selain berbalik unggul, mereka juga menciptakan jarak 11 poin (36-25) atas Bumi Borneo.

Baca juga: Bumi Borneo kalahkan Hawks pada laga pembuka Indonesia Cup 2022

Momentumnya terjadi di menit-menit terakhir kuarter kedua di mana dalam dua menit terakhir, Prawira running score 10 angka.

Dua three point masing-masing dicetak oleh Yudha Saputera dan Abraham Damar Grahita. Kemudian lay up dari M. Alan As'adi dan jump shot Abraham. Poin-poin tersebut tidak mampu dibalas oleh Bumi Borneo.

Kuarter ketiga berjalan menegangkan. Bumi Borneo menampilkan pertahanan yang baik, sehingga membuat Prawira tidak berdaya.

Hingga tersisa tiga menit, Prawira hanya mencetak enam angka saja. Sementara di akhir kuarter ketiga, kedudukan kedua tim tidak terpaut jauh. Prawira unggul empat angka 48-44.

Pertahanan Bumi Borneo akhirnya goyah pada kuarter terakhir. Prawira mencoba untuk memperlebar margin untuk meraih kemenangan dengan 67-56.

Pertandingan kedua di hari ketiga babak penyisihan IBL Indonesia Cup 2022, Minggu, juga mempertemukan West Bandits Combiphar Solo dengan Tangerang Hawks Basketball.

Kalah pada pertandingan pertama melawan Prawira, Jumat, West Bandits akhirnya memenangi pertandingan saat melawan Hawks dengan mencetak angka 72-61.

Pada pertandingan lainnya di hari ketiga, RANS PIK Basketball harus menelan pil pahit kekalahan saat berhadapan dengan Bima Perkasa Jogja.

Bima Perkasa yang bermain dominan sejak kuarter pertama memenangi pertandingan 76-54 atas RANS.

Baca juga: Satria Muda dan Satya Wacana petik hasil positif di Indonesia Cup 2022
Baca juga: Dewa United menangi derbi Surabaya di Indonesia Cup 2022
Baca juga: West Bandits kalah di depan pendukung sendiri pada Indonesia Cup 2022

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022