Jakarta (ANTARA) -
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan kerja sama bidang demokrasi dan hak asasi manusia (HAM) akan dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, pada 9 - 12 November 2022.
 
"Sejumlah topik strategis akan dibahas di forum itu, yakni terkait kerja sama bidang demokrasi dan HAM serta kerja sama di bidang intelijen dan keamanan bersama," kata Mahfud dalam pernyataannya yang ditayangkan dalam Youtube Kemenkopolhukam yang dipantau di Jakarta, Senin.
 
Mahfud mendampingi Presiden Joko Widodo yang secara resmi akan menerima keketuaan ASEAN periode selanjutnya.

Baca juga: Jokowi usulkan pembahasan konsensus ASEAN bagi Myanmar dalam KTT
Baca juga: Para menlu ASEAN bertemu di New York dan bahas persiapan KTT
 
"Tentu yang ingin dicapai dalam KTT ASEAN adalah prinsip dasar yang dicanangkan sejak lama, yaitu terciptanya wilayah dan kawasan yang damai, aman, dan menyejahterakan masyarakat di ASEAN yang sudah semakin bertambah," ujarnya.
 
Menurut dia, ASEAN merupakan forum yang sangat dihormati di dunia internasional. Netralitas ASEAN diharapkan membangun kesejukan dan kedamaian dalam pergaulan bangsa-bangsa.
 
"Ini harus diperkuat ke depannya," tuturnya.
 
Selain memperkuat forum kerja sama ASEAN, tambah Mahfud, akan dibahas isu Laut China Selatan (LCS), tindak pidana perdagangan orang (TPPO), masalah Myanmar, dan berbagai isu strategis lainnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022