Dalam dua hari ke depan (8-9/110 2022 sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut) masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi banjir yang dapat terjadi dampak dari hujan lebat di kawasan pegunungan di Sumatera Utara.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza di Medan, Selasa, mengatakan, dalam dua hari ke depan (8-9/110 2022 sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut) masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Atas kondisi tersebut pihaknya mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat waspada hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di pegunungan, lereng timur dan pantai timur, dan pantai barat Sumut yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Sementara terkait cuaca secara umum dalam dua hari ke depan, pagi hari hujan ringan di Kepulauan Nias dan sekitarnya, siang hingga sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang sebagian besar wilayah Sumut.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Berpotensi Hujan Lebat di Langkat, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat.

Dini hari hujan ringan di Langkat, Deli Serdang, Medan, Serdang Bedagai, Asahan, Karo, Dairi, Simalungun, Samosir, dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 16.0 – 32.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen dan angin berhembus dari barat daya – timur laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam, demikian Defri Mandoza.


Baca juga: BMKG: Waspadai potensi hujan lebat di pegunungan Sumut dua pekan

Baca juga: BMKG ingatkan warga Sumut waspadai potensi hujan lebat di pegunungan

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan dan angin kencang di pegunungan Sumut

Baca juga: Peringatan dini BMKG: Hujan lebat berpotensi di pegunungan Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022