Setelah lawan Persis Solo, kami jadwalkan ada 3 sampai 4 lagi uji coba
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Borneo FC Andre Gaspar mengaku masih membutuhkan beberapa kali laga uji coba untuk semakin mematangkan permainan skuad Pesut Etam pada pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta.

Uji coba perdana sudah dilakukan Borneo FC dengan Persis Solo yang berakhir dengan skor imbang 1-1, dan Gaspar pun mengaku puas dengan hasil tersebut meski tidak begitu maksimal.

Gaspar, melalui laman resmi klub, Rabu, pertandingan uji coba membuatnya bisa melihat sejauh mana pemain menyerap materi latihan dan memahami apa yang diinginkannya saat pertandingan.

Saat melawan Laskar Sambernyata, julukan Persis, Gaspar melihat pemain sudah mampu menjalankannya, namun tetap butuh beberap kali uji coba lagi untuk semakin mematangkan tim.

"Setelah lawan Persis Solo, kami jadwalkan ada 3 sampai 4 lagi uji coba, tapi siapa lawannya nanti kami akan berkoordinasi dengan manajemen. Yang jelas kami butuh ada uji coba untuk menaikan kondisi pemain," ujar Gaspar.

Baca juga: Persis tahan imbang Borneo FC pada laga uji coba
Baca juga: Borneo FC berencana uji coba dengan klub Liga 1

Namun, kata dia, semuanya tergantung dengan situasi dan kondisi mengenai kelanjutan kompetisi karena bisa saja disesuaikan seandainya ada percepatan bergulirnya kembali kompetisi Liga 1 2022/2023.

Jika memang sesuai "timeline" yang ditetapkan, kata dia, kemungkinan empat kali uji coba masih bisa dilakukan selama TC di Jogjakarta, namun jika jadwal pertandingan akhirnya dipercepat maka akan menyesuaikan.

"Kami tetap akan melanjutkan program yang sudah kami susun sembari menunggu jadwal kepastian liga," kata pelatih asal Brazil tersebut.

Secara umum, Gaspar melihat pemainnya mampu berkembang dengan baik dan materi pemain saat ini sudah sangat mumpuni untuk terus bersaing di papan atas klasemen Liga 1.

Akan tetapi, Gaspar secara khusus menyoroti peran kapten tim, Diego Micheils sebagai bagian penting dalam tim.

"Ya, peran Diego sangat penting. Dia leader dan dia pemain bagus. Hal itu terus ia tunjukkan di setiap latihan maupun pertandingan. Saya pikir kami beruntung memiliki pemain seperti Diego," pungkasnya.

Baca juga: Pelatih pastikan Borneo FC fokus dan berkonsentrasi jalani latihan
Baca juga: Bek Borneo FC Leo Guntara rasakan perbedaan suasana TC

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022