Jakarta (ANTARA) - Satya Wacana Salatiga melaju ke playoff usai mengalahkan Elang Pacific Caesar pada hari terakhir babak penyisihan IBL Indonesia Cup 2022 di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Satya Wacana akhirnya bernapas lega setelah menang 63-50 atas Elang Pacific karena tim Salatiga itu membutuhkan kemenangan untuk dapat melaju ke babak selanjutnya setelah mengantongi satu kemenangan dan menelan satu kekalahan.

Mengutip laman IBL, pelatih kepala Elang Pacific Aries Herman untuk pertandingan kali ini menurunkan starting lineup berisi Gregorio Claudie Wibowo sebagai kapten tim, disusul M. Aulaz Ariezky, Daffa Dhoifullah, Aven Ryan Pratama, dan M. Hardianto.

Sementara dari Satya Wacana, kepala pelatih Jerry Lolowang menurunkan Calvin Biyantaka, Maikel Baliba, Randy Ady Prasetya, Febrianus Khiandio, dan kapten tim Henry Cornelis Lakay.

Satya Wacana sempat unggul 10-7 melalui lemparan tiga angka Febrianus Khiandio pada enam menit tersisa. Namun keunggulan tersebut tidak bertahan lama karena Elang Pacific mencetak lima angka berturut-turut lewat Daffa dan Gregorio. Pacific berbalik unggul 12-10.

Pertandingan masih berjalan sengit. Satya Wacana kembali unggul dalam sisa waktu empat menit pada kedudukan 16-12.

Baca juga: Dewa United lolos perempat final IBL Indonesia Cup 2022 usai tekuk NSH

Namun, Elang Pacific mempunyai momentum membalikkan keadaan. Dio Freedo memasukkan dua lemparan tiga angka berturut-turut untuk memimpin 20-18.

Pada akhir kuarter pertama, Elang Pacific unggul 24-19.

Memasuki kuarter kedua, Elang Pacific masih menghantui Satya Wacana.

Tangan Dio Freedo cukup wangi dalam pertandingan ini karena bisa membuat Elang Pacific unggul 13 angka dalam sisa waktu lima menit.

Dio bermain cukup hustle karena sebelum melepaskan tembakan tiga angka, dia membuat offensive rebound, dengan menyambar bola pantulan tembakan Hardianto yang tidak tepat sasaran.

Satya Wacana mencoba menyusul. Mereka memanfaatkan keunggulan di paint area. Puncaknya dalam 49 detik terakhir, Lakay memasukkan satu lemparan bebas yang membuat jarak terpangkas hingga 2 angka pada 36-38.

Baca juga: Prawira Bandung sapu bersih babak penyisihan IBL Indonesia Cup 2022

Pada akhir kuarter kedua, Gregorio Wibowo menambah poin untuk Elang Pacific, sebaliknya Satya Wacana menambah dua angka dari jump shot Wijaya. Skor 40-38 untuk keunggulan Elang Pacific menutup kuarter kedua.

Satya Wacana akhirnya bisa lepas dari kejaran Elang Pacific pada kuarter ketiga sampai unggul 53-48 pada akhir kuarter ketiga.

Berbekal keunggulan lima angka tersebut, Satya Wacana berusaha konsisten agar bisa memenangi laga.

Hal itu berbuah manis saat Elang Pacific semakin tertinggal dengan margin yang kian melebar.

Satya Wacana akhirnya memenangi pertandingan dengan 63-50 sekaligus menjaga asa playoff IBL Indonesia Cup 2022.

Baca juga: Pelita Jaya jadi pemuncak Grup C Indonesia Cup usai tekuk Bima Perkasa

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022