mulai pemadaman pukul 14.00 WIB, selesai pukul 14.17 WIB
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur melakukan pemadaman kebakaran pada bus TransJakarta secara cepat di Jalan Raya Pemuda, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung.

"Kita mulai pemadaman pukul 14.00 WIB, selesai pukul 14.17 WIB," ujar Kasiops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan bus TransJakarta tersebut dilaporkan terbakar pada pukul 13.57 WIB.

"Sopir di belakang busway yang terbakar melihat adanya api dan asap yang keluar dari ruangan mesin. Kejadiannya dekat Halte Arion," kata Gatot. 

Gatot menambahkan pihaknya mengerahkan sebanyak dua unit mobil pompa berikut 10 personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur untuk memadamkan api tersebut.

Baca juga: Polisi bantu evakuasi korban kebakaran lapak pemulung di Pondok Labu

Gatot mengatakan bahwa karena petugas dalam waktu singkat berhasil memadamkan api, sehingga tidak sampai melahap seluruh bagian mesin TransJakarta milik operator dari Perum PPD tersebut.

Gatot menjelaskan usai kejadian tersebut unit bus TransJakarta yang terbakar langsung dievakuasi ke pul bus Perum PPD untuk penanganan lebih lanjut.

"Alhamdulillah tidak ada korban, untuk penyebab kebakaran muncul api dari ruang mesin. Kerugian materil sekitar Rp6 juta," kata Gatot.

Gatot menuturkan warga yang hendak melaporkan kebakaran dan permintaan evakuasi bisa menghubungi WhatsApp Damkar Jakarta Timur di​​​ +628119197113, atau ke 112 dan 021​​ 8590 4904.

Selain itu, bisa juga ke 021​​ 858 2150​ dan aplikasi Go-Damkar yang bisa diunduh gratis di Play Store untuk memudahkan laporan warga.

Baca juga: Tiga tewas akibat kebakaran permukiman di Pademangan

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022