Jakarta (ANTARA) -
Lima berita politik pada Rabu (9/11) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Kemendagri tekankan daerah percepat realisasi APBD hingga langkah RI atasi krisis iklim
 
Klik di sini untuk berita selengkapnya

1. Kemendagri tekankan daerah percepat realisasi APBD
 
Kementerian Dalam Negeri mengimbau pemerintah daerah agar mempercepat realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), serta tidak ragu dalam melaksanakan kegiatan dan anggaran.
 
"Daerah tidak perlu ragu melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan dan sudah ditetapkan," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni dalam keterangannya diterima di Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya di sini

2. Wapres: RI terus lakukan langkah konkret atasi krisis iklim
 
Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan Indonesia terus melakukan langkah konkret untuk mengatasi krisis iklim melalui berbagai upaya strategis, termasuk mengurangi emisi gas rumah kaca secara signifikan.
 
Hal itu disampaikan Wapres dalam keterangannya kepada media, di Paviliun Indonesia, Sharm El Sheikh Convention Centre (SHICC), Sharm El Sheikh, Mesir, Selasa (8/11), usai menghadiri KTT Perubahan Iklim (COP27), sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu dini hari.
 
Selengkapnya di sini
 
 
3. Sekjen PDIP beberkan strategi menangi Pemilu 2024 di Surabaya
 
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto membeberkan strategi konsolidasi memenangi Pemilu 2024 di hadapan ribuan kader-nya di Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu malam.
 
"Hari ini saya melihat bagaimana kader-kader di Surabaya begitu bersemangat, dan PDI Perjuangan dengan penuh keyakinan siap kembali mendapatkan kepercayaan rakyat pada 2024," kata Hasto penuh semangat saat menggembleng 2.078 kader partai se-Kota Surabaya.
 
Selengkapnya di sini

4. MUI: Presiden telah berusaha sungguh-sungguh atas perdamaian dunia
 
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) K.H. Marsudi Syuhud mengatakan, Presiden Joko Widodo telah berupaya dengan sungguh-sungguh terhadap perdamaian dunia, sehingga menerima Penghargaan Perdamaian Internasional Imam Hasan bin Ali Tahun 2022.
 
"Penghargaan ini menurut saya mengandung dua hal, yang pertama bahwa Presiden Joko Widodo telah melakukan upaya dan usaha yang sungguh-sungguh atas perdamaian dunia yang telah terjadi bertahun-tahun," kata Marsudi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya di sini

5. Jokowi terima Presiden World Water Council
 
Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Presiden World Water Council (WWC) Loïc Fauchon di Ruang VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu, sebelum bertolak menuju Kamboja untuk menghadiri KTT ASEAN.
 
Dalam keterangannya selepas pertemuan, Loïc berharap agar Presiden Jokowi dapat menyampaikan pesan kepada seluruh anggota G20 mengenai pentingnya posisi air sebagai prioritas utama.
 
"Volume air (laut) terus meningkat di banyak negara di dunia dan sekarang kita perlu membawa tanggapan nyata dan tidak hanya pidato. Itulah alasan bertemu dengan Menteri (PUPR) Basuki, Bapak Presiden Republik Indonesia, dan memintanya untuk menjadi water messenger selama G20,” kata Loïc, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022