Jakarta (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan 4G di Lombok dalam kondisi prima dan siap menyambut gelaran World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), 12-13 November 2022.

Baca juga: Museum NTB gelar Pameran Temporer sambut WSBK 2022

Sedikitnya ada 10 BTS 4G yang telah disiapkan untuk mencakup seluruh Mandalika, termasuk sirkuit dan area pendukung di sekelilingnya, yang di dalamnya terdapat puluhan hotel besar dan kecil, restoran, dan berbagai penunjang pariwisata lainnya.

“XL Axiata sebagai operator dengan jumlah pelanggan terbesar di Lombok berkomitmen untuk ikut serta memberikan dukungan penuh gelaran WSBK di Mandalika," kata Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Selain memastikan jaringan 4G, pihaknya juga menyediakan jaringan 5G di sekitar area sirkuit dengan memanfaatkan dynamics spectrum sharing (DSS), serta menyiagakan 3 unit mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat kegiatan balap dunia tersebut berlangsung.

Potensi lonjakan trafik di WSBK ini sangat besar mengingat balap ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia secara luas, belum lagi potensi hadirnya penonton dari luar negeri.

Gede menambahkan, khusus untuk BTS-BTS yang menjangkau area sirkuit Mandalika, XL Axiata akan menerapkan teknologi terbaru yaitu Massive MIMO. Dengan teknologi ini ke depannya dapat memberikan layanan data yang lebih baik karena dapat meningkatkan kapasitas data.

Menurut Gede lagi, peningkatan kualitas jaringan 4G tidak hanya sebatas di Mandalika. Perusahaan juga memperluas jaringan 4G ke seluruh penjuru Lombok, baik untuk peningkatan kualitas layanan data dan suara di wilayah perkotaan, maupun perluasan ke area-area yang sebelumnya memang belum terjangkau. Saat ini, jaringan 4G telah hadir melayani pelanggan di 598 desa/kelurahan, 54 kecamatan, dan 5 kabupaten/kota di Lombok.

Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan sekitar 2.300 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok.

Selain perluasan dan penambahan BTS, perluasan juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi. Kini sebagian besar 571 BTS di Lombok telah terfiberisasi dan akan terus meningkat. Sementara itu, sejak awal tahun 2021 hingga saat ini sekitar BTS telah ditingkatkan kapasitasnya. Dalam dua tahun terakhir, trafik data di Lombok telah meningkat hingga 82 persen.

Di sejumlah kawasan wisata paling popular di Lombok,perusahaan juga secara khusus memastikan kualitas jaringan data. Pihaknya telah menyiapkan 5 BTS 4G di Sembalun, 1 BTS 4G di Pink Beach Lombok Timur, 5 BTS 4G di Gili Trawangan, 1 BTS 4G di Desa Sade, 20 BTS 4G di Sengigi, dan 19 BTS 4G di Narmada. Sementara itu untuk menopang kebutuhan Mataram sebagai kota terbesar dan teramai, XL Axiata mengoperasikan 145 BTS, sedangkan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid sudah beroperasi 1 BTS 4G dan Pelabuhan Lembar 5 BTS 4G.


Baca juga: Tak pikirkan gelar juara, Toprak lebih fokus untuk juara di Mandalika

Baca juga: 750 awak dan pebalap WSBK Mandalika 2022 sudah berada di Lombok

Baca juga: Polres Lombok Tengah gelar Istighosah dukung WSBK Mandalika

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022