Pasalnya, pengalaman Komnas HAM sebelumnya juga tidak lepas dari ketegangan.
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI terpilih periode 2022—2027 Atnike Nova Sigiro mengatakan sembilan anggota yang baru akan memusyawarahkan soal susunan pengurus baru pada hari Senin (14/11).

"Senin itu paripurna pertama, nanti kami akan menyusun struktur, lalu akan berbagai tugas," kata anggota Komnas RI terpilih periode 2022—2027 Atnike Nova Sigiro di Jakarta, Jumat.

Pada rapat paripurna tersebut, sembilan anggota yang baru akan mengadakan proses deliberasi. Meskipun Komisi III telah menunjuk Atnike sebagai Ketua Komnas HAM, Pendiri dan Dewan Penasihat Lokataru Foundation itu mengatakan akan kembali melakukan musyawarah.

Musyawarah tersebut nantinya membahas soal pimpinan, struktur organisasi, termasuk siapa saja yang akan menduduki suatu jabatan dalam lembaga HAM itu.

Setelah itu, kata dia, sembilan anggota Komnas HAM akan membaca sejumlah dokumen-dokumen yang diserahkan oleh anggota Komnas HAM sebelumnya guna diselesaikan sebagai bagian dari pekerjaan rumah.

Ia berharap pelaksanaan paripurna perdana bisa berjalan dengan baik dan menemukan hasil terbaik. Pasalnya, pengalaman Komnas HAM sebelumnya juga tidak lepas dari ketegangan.

Dalam sambutannya saat serah terima jabatan, Atnike mengatakan bahwa pekerjaan rumah Komnas HAM cukup banyak, terlebih masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang sesuatu yang bisa dikerjakan oleh lembaga tersebut.

Padahal, di sisi lain, Komnas HAM adalah salah satu lembaga yang diharapkan oleh masyarakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa, terutama mengenai isu-isu HAM.

Sementara itu, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menyakini anggota Komnas HAM terpilih adalah hasil dari kerja keras tim pansel yang menjunjung integritas serta independensi dalam menjaring calon terbaik untuk memimpin Komnas HAM selama 5 tahun ke depan.

Baca juga: Sembilan anggota Komnas HAM periode 2022-2027 ikuti sertijab
Baca juga: Ketua Komnas HAM: Independensi adalah kebahagiaan selama menjabat


Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022