Jakarta (ANTARA) - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memberikan penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka bagi masyarakat yang melakukan gerakan pembudayaan gemar membaca.

“Penghargaan diberikan kepada perseorangan, kelompok maupun lembaga yang telah berhasil memprakarsai, mendorong, maupun melakukan kegiatan gerakan pembudayaan kegemaran membaca dan literasi di Indonesia,” ujar Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43/2007 tentang Perpustakaan (Pasal 51, ayat 6) disebutkan pemerintah memberikan penghargaan kepada masyarakat yang berhasil melakukan gerakan pembudayaan gemar membaca.

Penghargaan tersebut akan diberikan pada malam apresiasi Gemilang Perpustakaan Nasional 2022 di Jakarta, Senin (14/11/2022). Sebanyak delapan kategori terbaik akan mendapatkan penghargaan tertinggi Nugra Jasa Dharma Pustaloka dalam Kategori tersebut antara lain kategori pejabat publik, tokoh masyarakat, pegiat literasi, media massa, jurnalis, pelestari naskah kuno, buku (pustaka) terbaik, dan lifetime achievement.

“Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan amanat konstitusi. Hal ini bukanlah tugas ringan. Perpustakaan Nasional terus melakukan inovasi dan krativitas melalui keterlibatan pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam pembudayaan kegemaran membaca masyarakat, mulai dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, masyarakat, penulis, penerbit, pegiat literasi (bunda literasi, duta baca), jurnalis dan media,” terang dia.

Dia menjelaskan Nugra Jasa Dharma Pustaloka tidak sekadar piagam dan trofi, tetapi kesejahteraan masyarakat sebagai dampak nyata penguatan literasi adalah penghargaan dan piala yang sesungguhnya.

Syarif menambahkan kehadiran perpustakaan sebagai jantung pendidikan selamanya akan menjadi kekuatan unggulan untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

“Perpustakaan adalah media penerang terhadap perkembangan intelektual masyarakat. Terlebih, perpustakaan yang timbul dari keinginan masyarakat akan menjadikan kegiatan di perpustakaan ramai dan bermanfaat,” imbuh dia.

Malam penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka dikemas dalam balutan konsep hiburan bertajuk “Gemilang Perpustakaan Nasional” dengan menghadirkan penampilan dari band D’Masiv.***3***

Baca juga: Perpusnas luncurkan buku tematik dukung Presidensi G20
Baca juga: Perpusnas: Perpustakaan benteng hadapi hoaks
Baca juga: Perpusnas dorong perpustakaan berikan pendampingan pada masyarakat


Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022