Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) DKI Jakarta Taufik Wibowo optimistis dapat meloloskan atlet di semua nomor Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Keyakinan tersebut mengingat persiapan matang yang dilakukan untuk menghadapi prakualifikasi PON yang dijadwalkan bergulir, tahun depan.

Selain itu, juga berkaca dari prestasi atlet yang sukses menjadi juara umum dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Ketua Umum PB Forki 2022 yang digelar di Padang, Sumatera Barat, awal Oktober lalu.

"Saat ini kami sudah mempersiapkan karateka dengan baik," kata Taufik usai pelantikan Pengprov DKI periode 2022-2026 oleh Ketua Umum PB Forki Hadi Tjahjanto di Gedung BPN, Jakarta, Senin.

Baca juga: Timnas karate optimistis bawa pulang medali di ISG 2022

"Kami optimistis di Prakualifikasi PON tahun 2023, kami bisa meloloskan semua nomor baik di kumite maupun kata. Kami memang juara umum (di Kejurnas 2022) untuk kategori kadet junior, U-21, dan senior dengan meraih 11 medali emas," ujarnya menambahkan.

Menyoal di kelas senior yang hanya meraih tiga medali emas di Kejurnas 2022 melalui Ceyco Hutagalung, Barong, dan nomor Kata Beregu Putri, Taufik menyebut beberapa karateka andalan DKI tidak turun.

"Nanti di Prakualifikasi mereka akan tampil semua. Pokoknya kami full team," ujar Taufik seraya menyebut karateka DKI akan lebih dulu turun dalam Kejuaraan Dunia Karate WKF Serie A di Istora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 18-20 November.

Sementara itu Ketua KONI DKI Hidayat Humaid meminta Forki DKI menjadi garda terdepan pembinaan karate nasional.

"Kami berharap Forki DKI menjadi yang terdepan dalam pembinaan karate nasional. Saya juga berharap di PON Aceh-Sumut nanti karate bisa melebihi perolehan medali emas di Papua. Kalau di Papua mendapat tiga emas nanti di Aceh-Sumut bisa mendapat empat atau lebih," ujar Hidayat.

Ketua Umum PB Forki Hadi Tjahjanto mengakui kehebatan karate DKI Jakarta dengan menyebut saat kejuaraan dunia junior karate WKF, Indonesia mendapat dua medali perak melalui karateka DKI.

"Saya berharap karate DKI jadi barometer pembinaan nasional," ujar Hadi.

Baca juga: Kejuaraan Karate Senkaido Open bagian dari implementasi DBON

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022