Jakarta (ANTARA) - Pemain muda Borneo FC Fajar Faturrachman menyebut bahwa kesiapan tim Pesut Etam menyambut kelanjutan kompetisi kian mantap selama dua pekan menjalani pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta.

"Saat ini kami semakin mantap dalam latihan dan terus berproses. Kami terus memahami apa yang diinginkan pelatih dalam setiap permainan," kata Fajar, melalui laman resmi klub, Rabu.

Borneo FC saat ini masih memimpin klasemen sementara Liga 1 2022/2023 dan masih melanjutkan program pemusatan latihan di Yogyakarta sejak dimulai pekan keempat bulan lalu.

Baca juga: Borneo FC belum agendakan laga uji coba lanjutan

Pelaksanaan TC itu ditujukan agar semua pemain tidak gelagapan saat kompetisi Liga 1 2022/2023 dimulai kembali setelah dihentikan sejak 1 Oktober lalu imbas dari Tragedi Kanjuruhan.

Selama menjalani pemusatan latihan, Fajar mengaku, dirinya dan pemain lain sangat bersemangat menjalankan apa yang diberikan sang pelatih, Andre Gaspar dan jajaran tim pelatih.

"Sejauh ini latihan cukup intensif diberikan pelatih. Kami semua diminta bersiap untuk kemungkinan kapan pun kompetisi digelar kembali," ujar pemain muda terbaik Piala Presiden 2022 itu.

Menurut Fajar, selama ini pelatih memberikan banyak variasi program latihan agar pemain tak jenuh dengan materi yang sama, termasuk menjalani latihan bersama dengan tim lain atau uji coba.

Baca juga: Pelatih Borneo FC puji kualitas pemain muda

Dikatakan pemain sayap itu, laga uji coba semacam itu sangat penting dilakukan agar pemain tak kehilangan "feeling ball" dan tetap merasakan persaingan dalam suatu permainan.

Sayangnya, kata Fajar, uji coba terakhir kontra PSIM Jogjakarta yang digelar di Yogyakarta International School, Sabtu (12/11) lalu, tak bisa dituntaskan karena faktor cuaca.

"Namun, yang jelas dalam uji coba kami bisa merasakan aura pertandingan, serta tak kehilangan 'feeling' dengan bola. Kemungkinan memang kami tetap akan ada uji coba lagi, tetapi semua pelatih yang mengatur," katanya.

Yang jelas, Fajar menegaskan kesiapannya sebagai pemain untuk tampil dalam pertandingan apapun, baik jika dilakukan laga uji coba lagi maupun untuk laga lanjutan kompetisi nanti.

"Kami sebagai pemain selalu siap untuk itu (uji coba), termasuk untuk lanjutan kompetisi nanti," pungkasnya.

Borneo FC menggelar TC di Yogyakarta mulai 26 Oktober-19 November mendatang dengan sejumlah agenda, termasuk menjalani empat pertandingan uji coba dengan tim-tim lain.

Sebelum melawan PSIM, klub yang bermarkas di Samarinda itu melakoni uji coba perdana melawan Laskar Sambernyawa, julukan Persis, dan ditahan imbang dengan skor 1-1 di Stadion Sriwedari, Solo, Sabtu (5/11) lalu.

Baca juga: Pelatih Borneo FC masih butuh beberapa laga uji coba

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022