Kerja sama ini diharapkan dapat berjalan secara efektif di tahun 2023
Jakarta (ANTARA) - Anggota Subholding Gas PT Pertamina (Persero) Group yakni PT Perta Arun Gas (PAG) dan PT Solusi Energy Nusantara (SENA) menyepakati kerja sama terkait rekayasa, survei, dan inspeksi, sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas di bidang gas alam cair (LNG).

Kesepakatan tersebut dituangkan melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU), yang berlangsung di Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Dirut PAG Bara Ilmarosa dalam keterangannya di Jakarta, Jumat mengatakan penandatangan MoU tersebut merupakan langkah awal penyelarasan strategi pengembangan usaha (business strategic alignment) di lingkungan Subholding Gas Pertamina untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas engineering di bidang LNG.

"Kerja sama ini diharapkan dapat berjalan secara efektif di tahun 2023," ujarnya.

Ia juga menyampaikan kesepakatan tersebut juga selaras dengan rencana jangka panjang PAG dan SENA, yang sama-sama memiliki tujuan menjadi centre of excellence industri LNG di Indonesia.

Direktur Utama SENA Fuad Hasyim menambahkan penandatanganan MoU juga selaras dengan momentum emas transisi energi menuju net zero emission yang dicanangkan pemerintah.

"Transisi energi menjadikan komoditas gas sebagai salah satu pilar inti, pengembangan teknologi, research and development serta inovasi yang tidak boleh dilewatkan. Kami berharap hal tersebut dapat direalisasikan berkat kerja sama antara PAG dan SENA," katanya.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT PGN Tbk Achmad Muchtasyar dan Direktur Utama PT Pertamina Gas Gamal Imam Santoso juga memberikan dukungannya.

Achmad menilai kerja sama ini menunjukkan keseriusan dalam implementasi sinergi guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas masing-masing perusahaan serta memberikan dampak profit bagi Subholding Gas.

PAG dan SENA merupakan anggota dari Subholding Gas Group, yang mana PAG bergerak di bidang regasifikasi dan LNG hub, sedangkan SENA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang engineering, survei, inspeksi, dan konsultansi.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Finance & General Support Director PAG Wahid Achsanul Budaery serta manajemen PAG dan SENA.

Baca juga: PGN catat laba bersih Rp4,54 triliun pada triwulan III 2022
Baca juga: Subholding Gas Pertamina raih 15 Penghargaan Keselamatan Migas 2022
Baca juga: Going global, Subholding Gas Pertamina jajaki pasok LNG di Bangladesh

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022