tanahnya terkikis air saat hujan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) memperbaiki saluran ambruk kedalaman 60 sentimeter (cm)  di Jalan Gedung Hijau Raya, Kelurahan Pondok Pinang, Kecamatan Kebayoran Lama guna perbaikan fasilitas serta antisipasi banjir.

"Penyebab ambruknya saluran tersebut diakibatkan dua sisi turap saluran yang dibangun dari batu kali amblas lantaran tanahnya terkikis air saat hujan," kata Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kebayoran Lama, Andriyansah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Andriyansah menuturkan ambruknya saluran yang memiliki lebar satu meter, kedalaman 60 cm dan panjang lima meter itu terletak tepat di kawasan Perumahan Pondok Indah.

"Untuk itu dikerahkan tujuh personel untuk melakukan perbaikan sejak seminggu yang lalu," tambahnya.

Tak sampai di situ, ambruknya turap saluran tersebut ternyata berdampak pada ambruknya pelat coran beton penutup saluran hingga pecahan material batu menutup saluran.

Baca juga: Sudin SDA Jaktim bangun saluran air antisipasi banjir di Cilangkap

Akibatnya, saat hujan air tidak mengalir lancar ke saluran penghubung Batan yang membuat air meluap hingga menggenangi jalan di kawasan itu sehingga menyulitkan orang atau kendaraan melintas.

Menurut Andriyansah, pengerjaan perlu dilakukan ekstra hati-hati antisipasi agar tembok pagar rumah tidak ambruk sehingga perlu sebulan ke depan untuk menyelesaikannya.

"Selain memperbaiki saluran, di tikungan Jalan Alam Sari di perumahan tersebut petugas juga mengerjakan perbaikan tali air yang rusak," katanya. 

Sebelumnya, Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin menginstruksikan jajarannya untuk mengidentifikasi wilayah dalam penanganan banjir di seluruh lokasi.

Munjirin meneruskan yang disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada pertemuan seluruh pimpinan, yakni harus adanya imbauan ke masyarakat terkait lokasi genangan.

Baca juga: Petugas gabungan kuras saluran air untuk antisipasi banjir di Jaksel

Munjirin menuturkan, lokasi genangan yang sudah bisa dipetakan antara lain Kemang, Bangka dan Kemang Utara.

Dengan demikian, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan terus menggencarkan memperbaiki dan membangun saluran air sebagai upaya penanganan banjir.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022