Seri ke-5 PHRI Bike Tour 2022 di Lombok ini mengambil rute sejauh kurang lebih 40 kilometer dan sekitar 300 peserta diajak untuk melintasi Sirkuit Mandalika serta beberapa titik wisata menarik seperti Desa Adat Sade
Praya, NTB (ANTARA) - Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) menggelar ajang "Bike Tour" di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dalam rangka mendukung peningkatan kunjungan wisatawan di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Mandalika khususnya, pada Ahad (20/11) 2022.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya nyata dari PHRI untuk meningkatkan kembali minat masyarakat untuk berwisata usai pandemi COVID-19," kata Ketua Umum PHRI, Hariyadi Sukamdani dalam keterangan tertulis di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Senin.

Ia mengatakan Seri ke-5 PHRI Bike Tour 2022 digelar di Lombok ini mengambil rute sejauh kurang lebih 40 kilometer dan sekitar 300 peserta diajak untuk melintasi Sirkuit Mandalika serta beberapa titik wisata menarik seperti Desa Adat Sade.

Setelah Mandalika, PHRI Bike Tours 2022 juga akan berlangsung di Makassar pada 26 November.

"Ajang Bike Tour ini ditutup di Jakarta pada 11 Desember 2022," katanya.

Ia menjelaskan PHRI Bike Tour dirancang sebagai kegiatan "sport tourism" yang menyenangkan dengan diselingi aneka permainan interaktif yang diikuti oleh para peserta. Selain itu, setiap titik wisata menarik yang dilalui sepanjang rute, peserta diajak melakukan visual "storytelling" melalui media sosial.

"Hal tersebut diharapkan dapat membantu mempromosikan destinasi wisata, dan menjadi stimulan pergerakan wisatawan nasional maupun internasional," katanya.

Jajaran Polres Lombok Tengah juga ikut mengamankan kegiatan Bike Tour Seri Mandalika yang diselenggarakan PHRI di KEK Kuta Mandalika.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Irfan Nurmansyah, mengatakan bahwa Kegiatan Bike Tour Seri Mandalika ini merupakan salah satu upaya nyata dari PHRI Pusat maupun DPD NTB untuk meningkatkan kembali minat masyarakat untuk berwisata pasca pandemi COVID.

"Ini untuk mendukung peningkatan kunjungan wisata di NTB," katanya.

Kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi lokal melalui kegiatan sport tourism, karena peserta diundang untuk mempromosikan destinasi wisata pada yang dilalui melalui foto-foto yang dapat dibagikan di sosial media.

"Kegiatan ini sangat baik, sehingga kita juga sangat mendukung kegiatan ini untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Rute kegiatan itu dimulai dari Masjid Nurul Bilad menuju Sirkuit Mandalika, menuju jalan Bypass Mandalika. Setelah itu lurus sampai rumah adat Sade dan finis di Masjid Nurul Bilad Kuta.

Baca juga: PHRI Bike Tour 2022 diharapkan dorong kebangkitan pariwisata Sumbar

Baca juga: Sandiaga Uno: L'Etape Indonesia ajang kebangkitan Pariwisata NTB

Baca juga: RDTR desa penyangga KEK Mandalika telah dituntaskan

Baca juga: PHRI NTB dorong pengembangan pariwisata Samota

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022