Harapan kami ini bisa dilakukan di semua pulau
Jakarta (ANTARA) - Aparatur Kabupaten Kepulauan Seribu berharap kegiatan bakti sosial (baksos) oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Pulau Tidung dan Pulau Karya bisa dilakukan lagi, khususnya di semua pulau berpenduduk karena dirasakan sekali manfaatnya bagi warga. 

"Harapan kami ini bisa dilakukan di semua pulau berpenduduk yang ada di wilayah Kepulauan Seribu," ujar Wakil Camat Kepulauan Seribu Selatan Ade Slamet dalam keterangan resminya, di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, TNI Angkatan Darat dan TNI Angkatan Laut menggelar kegiatan bakti sosial di Kepulauan Seribu pada 19 dan 20 November 2022.

Kegiatannya antara lain pemeriksaan kesehatan, sunatan massal, bantuan paket sekolah serta penyuluhan bagi para nelayan tradisional di Gedung SMKN 61 Jakarta, Kelurahan Pulau Tidung dan santunan anak yatim yang diasuh Yayasan Al-Hidayah Kelurahan Pulau Panggang di Pulau Karya.

Baca juga: TNI-Polri dan Kemenkes selenggarakan bakti sosial kesehatan di Banten

Dengan lokasinya yang tersebar itu, maka transportasi untuk menjangkau Kepulauan Seribu menjadi tantangan tersendiri untuk anggota TNI yang mengikuti kegiatan bakti sosial tersebut.

Namun, TNI berupaya mengatasi tantangan mengenai minimnya transportasi itu dengan terus melakukan komunikasi kepada sejumlah pemangku kebijakan terkait, di antaranya yang ada di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu.

Seperti Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0502/Jakarta Utara Kolonel Frega Wenas Inkiriwang yang menyerahkan santunan dan paket sembako kepada 10 anak yatim yang bermukim di Kelurahan Pulau Panggang.

Sembari melakukan kunjungan kerja dalam rangka merayakan ulang tahun Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman ke-57 pada 19 November 2002, menurut Frega, kegiatan itu juga merupakan momentum baginya untuk berinteraksi langsung dengan anggota di Komando Rayon Militer (Koramil) 04 dan warga masyarakat di Kepulauan Seribu.

Baca juga: Kabaharkam Polri hadiri baksos bersama TNI tingkatkan sinergitas

"Sehingga apapun itu (tantangannya), kami dari Angkatan Darat khususnya Kodim 0502 Jakarta Utara bisa terus berkontribusi untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat," ujar Frega.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022