Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membantu pemasaran berbagai produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayahnya agar mampu menjangkau pasar di luar daerah.

"Kita sedang siapkan skema pemasaran ke Jakarta dan Palembang, terutama untuk berbagai produk makanan olahan, kue dan lainnya agar bisa sehari sampai di tangan pemesan," kata Penjabat Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin di Mentok, Babel, Selasa.

Menurut dia, Babel memiliki berbagai jenis makanan olahan berkualitas dan memiliki cita rasa khas yang tidak bisa ditandingi oleh produk sejenis dari daerah lain.

Hal ini dikatakan Ridwan saat melakukan ramah tamah bersama masyarakat yang dilaksanakan di rumah dinas Bupati Bangka Barat di Mentok.

Menurut dia, banyak kuliner di Mentok yang unik, memiliki rasa khas dan disukai masyarakat di luar daerah, salah satunya kue pelite. Konon kue ini merupakan kesukaan Bung Karno saat beliau diasingkan di Mentok pada 1948-1949.

"Mentok juga terkenal sebagai kota seribu kue, namun untuk penjualan kue sampai sekarang masih belum mengalami peningkatan. Ini akan kita coba untuk membantu pemasarannya," katanya.

Menurut dia, sebagai langkah awal Pemprov Babel akan melakukan pola pemasaran dengan menggandeng para pelaku usaha untuk menjual produk di Pangkalpinang secara rutin setiap hari.

"Kami rencanakan kue-kue tersebut bisa dipasarkan di Pangkalpinang, bisa juga untuk disajikan dalam rapat atau pertemuan yang diselenggarakan oleh pemprov. Ini tentu akan sangat membantu pelaku usaha," katanya.

Selain itu, kata dia, Pemprov Babel juga sudah melakukan komunikasi dengan pengelola Bandara Depati Amir agar bisa memanfaatkan bangunan bandara lama menjadi transit berbagai macam produk makanan lokal untuk kemudian dikirim ke luar daerah dan luar negeri.

"Kita juga sudah melakukan komunikasi dengan salah satu maskapai penerbangan untuk pengiriman produk tersebut agar bisa sampai di tempat tujuan pada hari yang sama," katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah menjalin komunikasi dengan salah satu perusahaan jasa pengiriman barang untuk bersama-sama membangun komitmen membantu UMKM di daerah itu.

"Dengan berbagai pola kerja sama ini kami harapkan ke depan berbagai produk UMKM di Babel bisa tumbuh berkembang sehingga menyejahterakan pelaku usaha dan masyarakat sekitar," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022