Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali tiba di Maluku Utara untuk mendukung penuh gelaran di Sail Tidore 2022 di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara yang dimulai Kamis (24/11) hingga Selasa (29/11).

Berdasarkan laman resmi Kemenpora, Kamis, Amali hadir untuk mengikuti serangkaian acara di Sail Tidore 2022..

Setibanya di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate Amali disambut Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, serta sejumlah pejabat di Kota Ternate lainnya.

Sebelumnya Amali mengatakan dalam acara Sail Tidore 2022, Kemenpora berperan sebagai pendukung.

"Posisi kami di sini (acara Sail Tidore 2022) hanya sebagai peran pendukung saja. Tugas kami sudah jelas untuk memeriahkan, kami sudah menyiapkan kegiatannya," ujar Amali.

"Kegiatan kami menjadi tanggung jawab kami yang akan dilaksanakan saat acara puncak Sail Tidore 2022," katanya menambahkan.

Baca juga: Sebanyak 100 UMKM tercatat ramaikan kegiatan Sail Tidore

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pelaksanaan Sail Tidore 2022 menjadi daya tarik dalam rangka mendorong pembangunan dan perekonomian masyarakat.

"Tujuan pelaksanaan Sail Tidore 2022 sebagai ajang ekonomi. Jadi harus ada nilai tambahnya. Kalau kita lihat studi kasus Sail Sabang 2017 merupakan penyelenggaraan sail terbesar dibandingkan dengan Sail sebelumnya seperti Banda (2010), Wakatobi-Belitong (2011), Komodo (2013), Raja Ampat (2014), dan Tomini (2015)," kata Luhut.

Dalam pelaksanaannya, Sail Tidore 2022 melibatkan banyak sektor. Salah satunya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baik tingkat nasional maupun daerah.

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Sail Tidore Expo 2022 ini sebagai salah satu sarana mengenalkan produk-produk UMKM kepada seluruh masyarakat maupun wisatawan serta investor.

Dengan demikian, lanjut dia, UMKM akan terbantu mengatasi permasalahan manajemen, pemodalan dan promosi yang selama ini menjadi kendala.

"Untuk itu, atas nama tuan rumah Sail Tidore 2022 kami menyampaikan terima kasih, kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam acara Sail Tidore Expo 2022," kata Ali Ibrahim.

Baca juga: TNI AL kerahkan 12 KRI dan seribuan personel dukung Sail Tidore 2022
Baca juga: Kemendag buka pameran nasional jelang puncak Sail Tidore 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022