Prancis, Jerman serukan perpajakan perusahaan multinasional tingkat UE

Prancis, Jerman serukan perpajakan perusahaan multinasional tingkat UE

Foto Dokumen - Menteri Ekonomi dan Keuangan Prancis Bruno Le Maire menghadiri konferensi pers untuk mempresentasikan anggaran pemerintah Prancis 2022 di Kementerian Keuangan Bercy di Paris, Prancis, 22 September 2021. ANTARA/REUTERS/Gonzalo Fuentes

Kami akan terus bekerja sama untuk menuai potensi penuh dari kapasitas pertumbuhan Uni Eropa.
Paris (ANTARA) - Prancis dan Jerman menyerukan penerapan pajak minimum bagi perusahaan-perusahaan multinasional di tingkat Uni Eropa (UE), menurut pejabat senior.

"Karena warga kami sangat terpukul oleh inflasi dan krisis energi, kami bertekad untuk memastikan keadilan pajak agar perusahaan-perusahaan membayar bagian mereka secara adil," demikian pernyataan bersama Menteri Ekonomi dan Keuangan Prancis Bruno Le Maire dan Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner, Kamis (24/11).

Le Maire dan Lindner menyatakan kedua negara berbagi pandangan bahwa kerangka kerja fiskal Eropa bersama memiliki peran penting dalam membantu membangun kembali penyangga fiskal di Eropa dan meningkatkan investasi dalam iklim dan transisi digital.

Mereka menekankan pentingnya pertumbuhan yang tangguh dan berkelanjutan dalam menjamin kesinambungan fiskal jangka panjang.

Berbicara tentang krisis energi saat ini, kedua menteri keuangan memandang perlu investasi di Eropa untuk mengurangi ketergantungan pada energi Uni Eropa, dan mengatasi transisi energi, iklim, dan digital.

"Kami akan terus bekerja sama untuk menuai potensi penuh dari kapasitas pertumbuhan Uni Eropa sehingga meningkatkan ketahanan ekonomi kami dan mengurangi jejak karbon kami," kata mereka.

Baca juga: Prancis dan Jerman berjanji bersatu mendukung ekonomi lawan inflasi
Baca juga: Prancis dan Jerman akan saling membantu melewati krisis energi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar