Jakarta (ANTARA) - Prancis, Brazil dan Portugal menjadi tiga tim pertama yang lolos ke babak 16 besar dengan menyisakan satu pertandingan lagi setelah memenangkan laga kedua mereka masing-masing.

Sebaliknya, tuan rumah Qatar dan Kanada menjadi dua tim yang tersisih apa pun hasil pertandingan terakhir mereka masing-masing setelah keduanya kalah dalam dua pertandingan pertama fase grup.

Prancis, Brazil dan Portugal masing-masing memuncaki Grup D, Grup G dan Grup H setelah mengumpulkan enam poin usai memenangkan dua pertandingan pertama grupnya masing-masing.

Ketiga tim kini bisa leluasa melakukan rotasi pemainnya pada pertandingan ketiganya dalam rangkaian pertandingan terakhir fase grup mulai Senin sore pukul 17.00 WIB nanti.

Dalam rangkaian pertandingan kedua masing-masing ini juga terjadi kejutan dan heroisme.

Kejutan terjadi ketika Maroko menjungkalkan peringkat kedua dunia, Belgia, dengan dua gol tanpa balas.

Baca juga: Maroko buat kejutan dengan taklukkan Belgia 2-0

Sedangkan heroisme tercipta manakala Argentina, Ghana, Iran, Kosta Rika, Australia, dan Senegal sama-sama melakukan pembalikan luar biasa dengan memenangkan pertandingan kedua.

Keenam tim terjungkal pada pertandingan pertama sehingga kemenangan dalam laga kedua ini menghidupkan asa lolos ke babak knockout.

Lima grup lainnya masih harus menentukan siapa di antara mereka yang bisa memuncaki grupnya masing-masing.

Baca juga: Terkam Meksiko 2-0, Argentina hidupkan asa ke babak knockout

Selanjutnya: Kondisi masing-masing grup

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022