Semuanya gratis untuk disabilitas
Jakarta (ANTARA) -
Baznas (Bazis) DKI Jakarta menggelar sejumlah kegiatan untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember 2022 mulai dari pembagian Al-Quran Braille hingga bursa kerja. 

"Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional. Hasil kolaborasi dengan Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi, Dinas Dukcapil, Polda Metro Jaya, serta SKPD lainnya," kata Wakil Ketua II Baznas Bazis DKI Jakarta Sa’at Suharto di Jakarta, Kamis.

Berbagai program untuk disabilitas yang telah dan tengah dilaksanakan Baznas (Bazis) DKI Jakarta, kata dia, adalah distribusi bantuan sebanyak 25 Al-Quran Braille, distribusi sebanyak 350 Al-Quran Murrotal Digital, bedah rumah disabilitas dhuafa, pelatihan kerja kreator konten dan desain grafis bagi disabilitas.

Selain itu, juga pekan bagi borong dagangan disabilitas oleh Baznas (Bazis) dan hasilnya dibagikan kepada warga yang memerlukan. 

Baca juga: Kemendagri apresiasi Perda DKI soal hak penyandang disabilitas
Baca juga: Polisi beri bantuan ke panti asuhan anak berkebutuhan khusus

Puncaknya, pada tanggal 3 Desember 2022, akan digelar Jakarta Cinta Disabilitas di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Isinya,  lomba menggambar mural khusus disabilitas, bursa kerja bagi disabilitas, pembagian lengan bionik dan lutut prostetik, pembuatan SIM D/D1, pembuatan KTP dan pemeriksaan kesehatan.

"Semuanya gratis untuk disabilitas," ucap Sa’at.
 
Selain itu, Baznas (Bazis) DKI Jakarta memberikan apresiasi terhadap disabilitas inspiratif, pemerhati disabilitas serta perusahaan ramah disabilitas.

Baca juga: Parekraf Jaksel fasilitasi musisi disabilitas hibur wisatawan Cirebon
Baca juga: Pemkot Jaksel pastikan penyandang disabilitas mendapat pelatihan kerja

"Tujuan ini semua adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap disabilitas di tengah masyarakat, sehingga mereka  dapat memiliki akses yang sama dengan non disabilitas dalam pemenuhan kebutuhan dasar hidup," katanya.
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022