tidak ada perubahan struktur, hanya retak-retak biasa, dan masih bisa dimanfaatkan, dipakai
Garut (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan sebanyak 135 rumah terdampak guncangan gempa berupa retakan kecil pada dinding bangunan sehingga masih bisa ditempati warga karena kondisinya dinilai masih aman.

"Yang 135 itu terdampak, terdampak dalam artian tidak ada perubahan struktur, hanya retak-retak biasa, dan masih bisa dimanfaatkan, dipakai," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi melalui telepon seluler di Garut, Senin.

Ia menuturkan kejadian gempa bermagnitudo 5,1 dengan episentrum di selatan Garut pada Sabtu (3/12) cukup dirasakan masyarakat di Kabupaten Garut.

Petugas BPBD maupun instansi lainnya, kata dia, langsung melakukan pengecekan seluruh daerah di Garut untuk mengetahui dampak kerusakan dari gempa bumi tersebut.

Hasilnya, kata dia, dilaporkan ada 135 rumah warga tersebar di 40 desa, 16 kecamatan terdampak bencana gempa dengan tingkat kerusakan seperti retakan kecil pada bangunan rumah.

Baca juga: Rumah lansia di Tasikmalaya yang rusak akibat gempa Garut diperbaiki

Baca juga: Gubernur Jabar minta warga waspada hoaks terkait gempa Garut


"Dampaknya hanya ada retakan-retakan rambut atau retakan kecil yang tidak membahayakan," kata Satria.

Ia menegaskan hasil kajian di lapangan kondisi rumah warga yang terdampak gempa masih bisa ditempati, dan tidak perlu mengungsi melainkan tetap bertahan di rumahnya masing-masing dan selalu waspada.

"Rumah itu pun masih bisa ditempati sehingga penghuninya tidak perlu mengungsi," katanya.

Ia menambahkan pemerintah daerah tidak mengalokasikan anggaran khusus bantuan untuk rumah warga yang terdampak gempa tersebut karena tingkat kerusakannya tidak masuk pada kategori rusak ringan dan kondisi rumah masih aman untuk ditempati.

Ia mengimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana alam, apalagi saat musim hujan yang potensi bencananya cukup tinggi yakni longsor, banjir, maupun ancaman lainnya.

"Ancaman bencana harus menjadi perhatian semua pihak untuk melakukan pencegahan dan penanganannya," kata Satria.

Baca juga: BPBD Kota Tasikmalaya sebut atap rumah warga runtuh dampak gempa Garut

Baca juga: Pemkab Garut asesmen tingkat kerusakan akibat gempa bumi


 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022