Terkait hotel kami menyediakan 1.300 kamar, lalu kami juga akan membuat glamour camping atau glamping dan homestay. Jadi sudah kami persiapkan.
Jakarta (ANTARA) - Holding BUMN Pariwisata InJourney menyiapkan sekitar 1.300 kamar untuk mendukung gelaran lomba internasional F1H20 di Danau Toba, Sumatera Utara.

"Terkait hotel kami menyediakan 1.300 kamar, lalu kami juga akan membuat glamour camping atau glamping dan homestay. Jadi sudah kami persiapkan," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono di Jakarta, Senin.

Maya mengatakan, InJourney sudah berkoordinasi dengan seluruh hotel di Balige dan wilayah sekitarnya terkait akomodasi penginapan untuk mendukung gelaran F1H20.

Baca juga: BUMN InJourney angkat Danau Toba lewat lomba internasional F1 H20

InJourney juga berharap tidak terjadi lonjakan tajam atau spike tarif kamar hotel yang selama ini terjadi, dengan melakukan booking lebih awal supaya harga kamar lebih terkontrol.

Dengan demikian, diharapkan pengunjung akan merasa nyaman dan ingin kembali menghadiri gelaran F1H20 di Danau Toba.

Selain itu InJourney juga siap mengoptimalkan Bandara Silangit sebagai akses ke Danau Toba dengan mengupayakan dan mengoordinasikan proses penambahan penerbangan dari Jakarta ke Silangit.

Holding BUMN Pariwisata itu juga mengerahkan kapal feri dari ASDP, di mana sebagian daripada para penonton nanti yang tinggal di Parapat akan dibawa ke Balige dengan kapal Ferry.

InJourney sudah memikirkan proses operasionalnya supaya nantinya gelaran F1H20 di Danau Toba ini dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: BUMN InJourney kembangkan dermaga internasional di Labuan Bajo

Sebelumnya, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan perhelatan F1 H20 diharapkan akan mendorong pariwisata dan peningkatan ekonomi di Danau Toba, khususnya sekitar kawasan Balige.

Luhut menambahkan bahwa potensi ekonomi bisa masuk dari promosi sponsor, paket tur wisata, penjualan cenderamata, atau juga paddock tour.

Dia juga meminta dukungan dari masyarakat untuk menyukseskan kegiatan ini.

Gelaran F1 H20 merupakan kejuaraan tingkat tertinggi atau F1 untuk powerboat dan sudah diselenggarakan di 39 negara, tentu saja ini merupakan suatu kebanggaan pada 2023 akan diselenggarakan di Indonesia.

Kejuaraan F1H20 ini ditonton oleh 180 ribu orang di seluruh dunia, sehingga gelaran tersebut tentunya akan mempromosikan destinasi Danau Toba.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022