Kami mohon orang tua  selalu mengawasi aktivitas anak-anaknya
Medan (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj meminta agar orang tua ikut mencegah  tawuran antarpelajar yakni dengan selalu mengawasi aktivitas anak-anaknya saat keluar rumah.

"Kami mohon orang tua  selalu mengawasi aktivitas anak-anaknya," ucap Roman di Asahan, Senin, menyusul adanya sejumlah peristiwa  kejahatan jalanan yang melibatkan anak atau pelajar

Roman juga mengingatkan pentingnya komunikasi dan koordinasi dengan pihak sekolah untuk bersama-sama mengatasi masalah yang meresahkan masyarakat ini.

Roman mengatakan secara berkala polisi akan melakukan patroli terutama pada malam hari untuk mencegah kenakalan anak.

"Kita selalu koordinasi erat dengan orang tua siswa, dan wali kelas.Harapan kita anak-anak bisa terkontrol pergaulannya kalau di luar jam sekolah, mestinya menjadi kontrol bersama, tidak hanya sekolah, tetapi masyarakat maupun orang tua," ucapnya.

Kapolres mengatakan, untuk mencegah terjadinya tawuran antarpelajar, maka partisipasi orang tua sangat besar pengaruhnya.

Orang tua senantiasa memberikan nasihat kepada anaknya untuk tidak berbuat hal-hal yang bisa mengarah ke tindakan kriminalitas.

"Lingkungan dan masyarakat juga memberi andil dalam membina anak sekolah, kalaupun di luar sana terjadi aksi tawuran pelajar, alangkah eloknya kalau warga turut melerai hingga tidak terjadi tawuran yang semakin membesar," katanya.

Roman menambahkan, peranan pemerintah daerah sangatlah penting, dan diharapkan selalu turun memantau atau patroli di lokasi serta titik kumpul siswa.

Pelajar yang terlibat tawuran sadar dari tindakan yang meresahkan masyarakat itu, dan berubah dengan kegiatan positif yang dapat mengasah kecerdasan, bahkan kepemimpinan, karena pelajar adalah generasi muda yang akan menerima estafet kepemimpinan bangsa dan negara.

"Pihaknya juga bermohon kepada orang tua agar kejadian yang pernah terjadi menjadi perhatian bersama, dan bersama melakukan pencegahan.Juga tidak menyalahkan siapa-siapa, tetapi ini merupakan tanggung jawab bersama," kata Kapolres Asahan.
Baca juga: Polda Sumut gagalkan penyelundupan 30 kg sabu-sabu di perairan Asahan
Baca juga: Anggota DPR fasilitasi pecandu narkoba direhabilitasi di Asahan
Baca juga: Polres Asahan tangkap tiga orang pelaku judi tembak ikan

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022