pelaku panik, kemudian mencoba melarikan diri dengan melompat ke Kali Sentiong untuk menghindari amukan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Johar Baru mengamankan dua pelaku jambret telepon seluler setelah berusaha kabur untuk menghindari amukan massa dengan melompat ke Kali Sentiong, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Johar Baru, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Suprayogo di Jakarta, Rabu, mengatakan dua pelaku jambret telepon seluler merupakan residivis atau sudah melakukan tiga kali tindak pidana di wilayah berbeda.

Suprayogo mengungkapkan setelah mendapat informasi pihaknya langsung terjun ke lokasi untuk mengamankan kedua penjambret itu dari amukan massa.

"Kita amankan dua pelaku dengan inisial TR (26) dan AR (40). Keduanya tadi menjambret handphone salah satu warga di Jalan Baladewa," kata Suprayogo.

Suprayogo mengungkapkan awal mula peristiwa ketika kedua pelaku tengah berkeliling menggunakan sepeda motor untuk mencari korban.

 Kemudian saat itu korban dengan inisial AH (36) tengah asyik bermain handphone di pinggir jalan yang langsung diambil pelaku dengan cepat.


Korban lantas berteriak karena ponsel miliknya berpindah tangan. Kondisi demikian membuat pelaku panik, kemudian mencoba melarikan diri dengan melompat ke Kali Sentiong untuk menghindari amukan masyarakat.

"Ketika melihat ada korban pelaku langsung jambret handphone korban. Saat itu juga korban teriak dan keduanya panik hingga loncat ke Kali Sentiong," ujarnya.

Suprayogo menuturkan pelaku biasanya menyasar korban yang sedang bermain telepon seluler di pinggir jalan.

"Sasaran mereka semua lapisan masyarakat. Pengakuan mereka sudah tiga kali beraksi melakukan jambret handphone," ungkapnya.

"Mereka mengaku hasil kejahatan dijual dan dibuat memenuhi kebutuhan hidup keluarga mereka," lanjutnya.

Dalam hal ini, Suprayogo juga menyatakan kedua pelaku dikenakan pasal 363 kitab undang-undang hukum pidana (KUHP) terkait pencurian.
Baca juga: Polisi sosialisasi cegah kejahatan pada anak di Jakarta Selatan
Baca juga: Polrestro Barat tingkatkan patroli guna cegah kejahatan jalanan
Baca juga: Polda Metro tangkap 18 orang dalam Operasi Kejahatan Jalanan

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022