Batang (ANTARA) - Jajaran Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah akan mendirikan lima pos pengamanan (pospam) dan satu pos pelayanan (posyan) di jalur pantai utara dan jalur Tol Batang-Semarang untuk menyambut libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Usai Rakor Forum Lalu Lintas Kesiapan Pengamanan Natal dan tahun Baru 2023, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Agus Pardiyono Marinus di Batang, Kamis mengatakan bahwa kesiapan pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2023 ini sudah dibahas dalam forum lalu lintas dengan melibatkan unsur pemkab dan PT Jasa Raharja, serta lintas sektoral.

Baca juga: Mal di Jakarta tawarkan diskon serta hiburan Natal dan tahun baru

"Hari ini (Kamis (8/12), kami sudah mengumpulkan forum lalu lintas untuk menyatukan persepsi dalam kesiapan pengamanan libur Natal 2022 dan Tahun Baru," katanya.

Sebanyak lima pos pengamanan tersebut akan didirikan di jalur pantura Luwes Alas Roban, pintu gerbang Tol Kandeman, Kalibeluk, rest area jalur tol 379 A, dan 360 B sedang pos pelayanan didirikan di Alun-Alun Batang.

Dikatakan, rencananya, pos pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 ini akan didirikan pada tanggal 20 Desember 2022 dan selanjutnya petugas gabungan akan berjaga di masing-masing pos tersebut.

Agus Pardiyono Marinus mengatakan pengamanan libur Natal 2022 dan Tahun Baru diperkirakan akan lebih ketat daripada tahun sebelumnya karena saat itu masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Diperkirakan, masyarakat yang akan berlibur Natal 2022 akan lebih banyak daripada masa libur Natal dan tahun baru sebelumnya. Oleh karena itu, kami masih menunggu petunjuk peraturan dari Korlantas Polri," katanya.

Ia mengimbau para pengendara sebelum melakukan perjalanan agar mengecek kondisi kendaraan dalam kondisi baik dan menjaga stamina badan tetap dalam kondisi sehat.

"Di saat kondisi stamina sudah lelah, kami imbau pengemudi kendaraan agar segera mencari tempat yang aman untuk beristirahat. Kami minta masyarakat tidak memaksakan kehendak bisa secepatnya sampai ke tempat tujuan, tanpa memperhatikan kondisi fisik tubuh," katanya.

Baca juga: Satpol PP Jakbar tingkatkan pengamanan selama Natal dan Tahun Baru
Baca juga: Polrestro Jaksel kunjungi gereja untuk ciptakan pengamanan lebih baik

Pewarta: Kutnadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022