Sleman (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali memberangkatkan sejumlah relawan yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC) ke Cianjur, Jawa Barat, guna membantu penanganan pascabencana gempa bumi di wilayah itu.

Pelepasan keberangkatan TRC BPBD Sleman tahap kedua ke Cianjur dilakukan Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa di Lapangan Pemda Sleman, Kamis.

Selain relawan TRC BPBD, dalam kesempatan tersebut juga diberangkatkan bantuan untuk keperluan penanganan pengungsi gempa Cianjur.

Baca juga: Bupati lepas TRC BPBD Sleman bantu korban gempa Cianjur

Danang berharap tim yang dikirim tahap kedua ini memiliki persiapan yang maksimal dalam rangka misi kemanusiaan.

Ia juga berharap bantuan tahap dua ini dapat memenuhi kebutuhan terkait kekurangan pada saat bantuan tahap pertama.

"Saya berharap dengan bantuan tahap kedua ini dapat meringankan beban serta menunjukkan kepedulian masyarakat Kabupaten Sleman terhadap musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Cianjur," katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan mengatakan bahwa bantuan tahap kedua ini merupakan hasil dari evaluasi dan asesmen dari tahap pertama yang lalu.

Baca juga: Daerah Istimewa Yogyakarta kirim bantuan untuk korban gempa di Cianjur

"Target kami pada tahap dua ini dapat memotivasi dan mengedukasi masyarakat terdampak gempa di Cianjur untuk segara bangkit pascagempa," katanya.

Ia menambahkan bahwa pada tahap dua ini dikirimkan 13 personel dengan tiga armada. Selain itu, tim tahap dua ini membawa tenda keluarga sebanyak 15 unit ditambah dengan alat kerja bakti.

"Kami juga membawa titipan dari Kelurahan Margodadi berupa logistik untuk anak-anak sekolah seperti buku, alat tulis, dan lain-lain," katanya.

Baca juga: Sultan HB X jamin biaya hidup mahasiswa Cianjur di Yogyakarta

Makwan mengatakan TRC BPBD Sleman nantinya akan berada selama empat hari di Dusun Pawati, Desa Mekarjaya, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur.
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022